6 Makanan Lebaran Khas Jogja, Nomor 5 Rasanya Manis Banget - inews

 

6 Makanan Lebaran Khas Jogja, Nomor 5 Rasanya Manis Banget

Yohanes Demo 
6 Makanan Lebaran Khas Jogja, Nomor 5 Rasanya Manis Banget
Gudeg adalah salah satu makanan Lebaran khas Jogja. (Foto : ist)

YOGYAKARTA, iNews.idMakanan Lebaran khas Jogja ini biasa ditemui saat Idulfitri. Momen Lebaran menjadi waktu yang pas bagi sanak saudara berkumpul sepulang dari tanah perantauan. 

Di momen ini biasanya para keluarga akan menyajikan beragam hidangan baik makanan ringan untuk kudapan, jajanan hingga makanan berat.

Di setiap daerah tentu memiliki makanan khasnya masing-masing. Makanan ini biasa dihidangkan saat momen Lebaran. 

Nah, di Yogyakarta pasti juga memiliki makanan khas yang kerap dijadikan hidangan saat berkumpul bersama keluarga di momen Lebaran. Mengutip dari berbagai sumber, makanan Lebaran Khas Jogja yang bisa menjadi rekomendasi anda :

ShopeeShopee
Voucher Spesial iNews
BIG RAMADAN SALE
Promo terbesar Se-Indonesia. Diskon 50%, THR Kaget 15 Milyar, Flash Sale Akbar Rp.1. Gratis Ongkir Super DAHSYAT dan masih banyak promo lainnya.
LIHAT KODE
JFC

1. Ketupat Glabed

Makanan yang satu ini menjadi menu yang cukup terkenal di Yogyakarta. Meski secara bahan utama ketupat glabed ini sama dengan ketupat pada umumnya, yakni beras, namun yang membedakan adalah ketupat ini selalu disajikan bersama kuah santan kuning kental yang biasa disebut "ngglabed"

Kreasi ketupat ini cocok disandingkan dengan sate, tempe goreng, kerupuk dan sambal pedas.

2. Gudeg

Gudeg adalah satu dari sekian banyak makanan khas Jogja. Makanan yang satu ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. 

Rasanya cenderung manis gurih. Hidangan ini biasa disajikan bersama nasi, suwir ayam, telur dan krecek.

3. Bakpia

Bakpia tergolong sebagai makanan ringan, kuliner khas Jogja ini juga cocok dijadikan kudapan keluarga dan tamu saat momen Lebaran. 

Ada beragam jenis bakpia, mulai dari bakpia kukus dan kering. Makanan ini juga kerap dikreasikan dengan campuran bahan lain, seperti coklat, keju dan lainnya.

4. Soto 

Soto khas Jogja sebetulnya hampir sama dengan soto dari daerah lainnya. Hanya saja,.soto dari Jogja memiliki tekstur kuah yang lebih bening. Rasanya gurih, asin dan manis. Sangat cocok bila ditambahkan dengan telur puyuh dan tempe bacem.

5. Geplak

Geplak adalah makanan khas Kabupaten Bantul, DIY yang terbuat dari parutan kelapa muda dan gula pasir. Rasanya sangat manis. Makanan ini juga sangat cocok dijadikan sajian saat berkumpul bersama keluarga saat momen Lebaran.

6. Sagon 

Sagon dibuat dari parutan kelapa dan tepung tersebut dipadatkan di loyang khusus yang umumnya berbentuk setengah lingkaran. 

Citarasa yang dihasilkan cenderung gurih dan manis dan biasanya ditaburi bahan tambahan berupa gula pasir sebagai topping.  Salah satu penjual Sagon yang lengendaris di Yogakarta di sebelah barat perempatan Wiyoro, Banguntapan, Bantul.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Baca Juga

Komentar