Pilihan

7 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi saat Lebaran 2023 - CNN Indonesia

 

7 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi saat Lebaran 2023

CNN Indonesia
5-6 minutes
Sabtu, 22 Apr 2023 09:10 WIB

Ada banyak pilihan wisata yang menarik di Kota Solo. Berikut rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi saat Lebaran 2023.

Rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi saat Lebaran, salah satunya Pracima Tuin Mangkunegaran(ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kota Solo memiliki beragam pilihan tempat wisata yang menarik. Anda bisa memilih salah satu dari tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi saat Lebaran 2023 berikut ini.

Deretan tempat wisata di Solo ini memiliki daya tariknya masing-masing dan akan membuat momen libur Lebaran jadi lebih berkesan.

Pilihannya pun beragam, mulai dari museum, taman kota, bangunan bersejarah, hingga kuliner semua tersedia.

Bagaimana, tertarik menghabiskan momen libur Lebaran di Solo? Simak tujuh tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi saat Lebaran.

1. Istana Heritage Batik Keris

Berlokasi di pusat kota, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 1, Bumi, Laweyan, Surakarta, Istana Heritage Batik Keris dapat menjadi pilihan destinasi wisata saat Lebaran.

Di tempat ini, Anda dapat melihat bagaimana sejarah Batik Keris, showcase produk Batik Keris, produk UMKM Indonesia, hingga restoran.

Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi tempat yang satu ini, tetapi pengunjung diwajibkan membeli produk UMKM. Untuk jam operasional, Istana Heritage Batik Keris buka pukul 09.00-21.00 WIB.

2. Kampung Batik Kauman

Sejumlah mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia belajar membuat batik tulis di Kampung Batik Kauman Solo, Jawa Tengah, Sabtu (1/10/2022). Kegiatan yang juga diisi dengan pameran 1000 motif batik tersebut digelar untuk merayakan Hari Batik Nasional. ANTARA FOTO/Maulana Surya/tom.Rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi saat Lebaran, Kampung Batik Kauman (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Kampung Batik Kauman merupakan area sentra batik tertua di Kota Solo. Lokasinya di Jalan Trisula III Nomor 1, Kauman, Surakarta.

Bangunan yang ada di perkampungan ini masih menggunakan desain Indonesia klasik sehingga akan tampak estetis sebagai latar berfoto.

Apabila ingin ke Kampung Batik Kauman, Anda bisa datang di antara pukul 08.00-18..00 WIB. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

3. Koridor Gatsu-Ngarsopuro

Rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi saat Lebaran berikutnya adalah Koridor Gatsu-Ngaropuro. Tempat ini menyajikan konsep dan suasana layaknya Jalan Malioboro di Jogja.

Anda bisa menyusuri sepanjang Jalan Gatot Subroto-Ngarsopuro, Kemlayan, Serengan, Solo kapan saja, sebab tempat ini beroperasi selama 24 jam secara gratis.

4. Rumah Atsiri Tawangmangu

Rumah Atsiri di TawangmanguRekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi saat Lebaran, Rumah Atsiri Tawangmangu (Tangkapan layar instagram @rumahatsiri)

Tidak lengkap rasanya jika ke Solo tidak mengunjungi Rumah Atsiri Tawangmangu. Di tempat ini, Anda bisa melihat produksi dan galeri dari pabrik minyak aromatik terbesar di Indonesia.

Beragam fasilitas menarik juga tersedia di tempat ini, mulai dari workshop, tur keliling pabrik, hingga menginap di kawasan glamping.

Rumah Atsiri Tawangmangu berlokasi di Jalang Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya Rp50 ribu per orang dan jam operasionalnya pukul 10.00-17.00 WIB.

5. Solo Safari

Solo Safari merupakan kebun binatang yang sebelumnya bernama Jurug Solo Zoo. Hadir dengan konsep yang baru, membuat destinasi wisata ini menarik pengunjung dari berbagai daerah.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Ir Sutami Nomor 109, Jebres, Kecamatan Jebres, Solo dengan tiket masuk mulai Rp30 ribu per orang.

Solo Safari beroperasi setiap Senin-Jumat pukul 08.30-16.30 WIB. Sementara pada Sabtu-Minggu, tempat ini buka pukul 08.00-16.00 WIB.

6. Taman Balekambang

Festival Payung 2016 digelar untuk ke-tiga kali di Taman Balekambang, Solo, Jawa Tengah (23-25/9)Rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi saat Lebaran, Taman Balekambang (CNN Indonesia/Vega Probo)

Solo juga memiliki taman kota yang menarik bernama Balekambang. Selain taman, di tempat ini juga terdapat danau buaya, bale apung, kolam renang, hingga area outbound.

Pada waktu tertentu, digelar pertunjukan seni seperti ketoprak disertai musik gamelan. Tempat wisata yang beralamat di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta ini tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

7. Pracima Tuin Mangkunegaran

Pracima Tuin Mangkunegaran adalah restoran yang masuk dalam kawasan Pura Mangkunegaran Solo. Lokasinya berada di Jalan RA Kartini, Timura, Banjarsari, Surakarta dan buka pukul 10.00-22.00 WIB.

Restoran ini cocok menjadi tempat wisata kuliner keluarga saat Lebaran. Menu yang disajikan berasal dari arsip pribadi Pura Mangkunegaran dengan kisaran harga Rp30 ribu hingga Rp155 ribu.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi saat Lebaran. Selamat berlibur!

(juh)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Warga Mulai Ramai Gadai dan Tebus Emas Jelang Lebaran

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek