Bappebti: Ratusan Koin Kripto Lokal Antre Dapatkan Izin Perdagangan - tempo

 

Bappebti: Ratusan Koin Kripto Lokal Antre Dapatkan Izin Perdagangan

Jumat, 31 Maret 2023 19:16 WIB

TEMPO.COJakarta - Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko menyebut, ratusan aset koin kripto lokal sedang mengantre untuk bisa diperdagangkan di Indonesia. 

"Ada usulan (untuk diterbitkan) sekitar 241 koin lokal, itu sudah kami lalukan analytical hierarchy process (AHP)," kata Didid kepada wartawan, Jumat 31 Maret 2023. 

Baca Juga:

Didid menyebut, ini merupakan suatu kebanggaan, karena saat ini dari 383 jenis koin kripto yang mendapat izin diperdagangkan di Indonesia, yang lokal hanya 10 pelaku usaha dalam negeri.

"Koin lokal itu jelas lebih itu milik anak bangsa, dan itu akan mampu mendorong ekonomi kita, meski nilai valuasinya agak lebih kecil," kata Didid. 

Dari segi pengawasannya, kata Didid, juga akan lebih mudah, karena pelakunya berada di dalam negeri, "Kalau koin lokal kan tahu underlying asetnya apa, inisiatornya siapa, jadi kalau ada apa-apa cekal aja, gitu kan. Kan lebih mudah," katanya. 

Baca Juga:

Didid mengatakan, bakal segera merilis koin kripto lokal tersebut apabila lolos saat dilakukan AHP. Di dalam AHP sendiri, ada sekitar 29 indikator yang digunakan untuk menentukan apakah aset kripto tersebut dapat diterbitkan atau tidak. 

"Dalam waktu dekat kami akan segera menerbitkan koin kripto yang lokal," kata Didid. 

Sebagai informasi, jumlah transaksi kripto pada Januari 2023 sebesar Rp 12 triliun, turun dibandingkan rata-rata transaksi bulanan pada 2022 yang mencapai Rp 25 triliun. 

Sementara nilai transaksi kripto sepanjang 2022 sebesar Rp 306,4 triliun. Angka tersebut turun 64,3 persen dibandingkan tahun 2021 yang mencapai Rp 858,76 triliun.

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.  

Wamenkeu Beberkan Transaksi Janggal Rp 22 Triliun yang Berkaitan dengan Pegawai Kemenkeu dan Korporasi

17 jam lalu

Wamenkeu membeberkan transaksi janggal yang berkaitan dengan pegawai Kemenkeu dan korporasi senilai Rp 22 triliun. Bagaimana penjelasannya?

Transaksi Janggal Rp 349 T, Kemenkeu Ungkap Pola Komunikasi dengan PPATK dan Mahfud MD

19 jam lalu

Bagaimana pola komunikasi yang dilakukan Kemenkeu, PPATK, dan Menkopolhukam Mahfud MD mengenai transaksi janggal Rp 349 triliun?

Wamenkeu Bedah Isi Data Transaksi Janggal yang Berkaitan Pegawai Kemenkeu

23 jam lalu

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkap data transaksi janggal di Kemenkeu nilainya sama dengan yang disampaikan Menkopolhukam yaitu Rp 349 triliun.

Kaspersky: Malware Clipper Raup Keuntungan Rp 6 Miliar melalui Tor Browser Palsu

1 hari lalu

Malware itu beroperasi dengan mengganti sebagian konten clipboard yang dimasukkan dengan alamat dompet milik penyerang.

BSI Gandeng 3 Bank Syariah Perkuat Pasar Uang Antarbank Syariah Indonesia

2 hari lalu

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) melakukan penguatan pasar uang antarbank syariah di Indonesia melalui kolaborasi bersama tiga bank.

Tolak Pansus Transaksi Mencurigakan, Ketua Komisi Hukum DPR Minta Mahfud Audit Sumber Data

2 hari lalu

Bambang Wuryanto menolak usulan pembentukan panitia khusus (pansus) ihwal pengusutan kasus dugaan transaksi mencurigakan di lingkungan Kemenkeu.

Mahfud MD Berkukuh Transaksi Janggal di Kemenkeu Rp 349 Triliun, Sri Mulyani Sebut Rp 3,3 Triliun

2 hari lalu

Ketua Komite Koordinasi Pemberantasan TPPU Mahfud MD berbeda pendapat dengan Menkeu Sri Mulyani soal transaksi janggal di Kemenkeu. Kok bisa?

Baca Juga

Komentar