Pilihan

Basarnas Siagakan Helikopter-Kapal Antisipasi Kondisi Darurat Saat Mudik - detik

 

Basarnas Siagakan Helikopter-Kapal Antisipasi Kondisi Darurat Saat Mudik

By Brigitta Belia Permata Sari
detikcom
April 14, 2023
Foto: Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi
Foto: Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi
Jakarta -

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) ikut mempersiapkan pengamanan jelang arus mudik Lebaran 2023. Lima helikopter pun disiagakan untuk mengantisipasi jika ada kondisi darurat.

"Total kita siagakan 5 helikopter, yang siap itu kita letakkan di Mangkahoni, Merak, Kali Kangkung, Semarang dan Surabaya. Ini fleksibel. Kita melihat kepadatan dan juga masalah tempat pendaratan," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat ( 14/4/2023).

Henri mengatakan lima helikopter itu disiapkan untuk mengantisipasi kejadian kecelakaan ekstrem yang pernah terjadi sebelumnya. Tiga posko pendaratan juga sudah disiapkan seiring dengan penyiagaan helikopter.

"Di Kali Kangkung ada 1 posko yang kebetulan sudah disiapkan tempat pendaratannya, di Merak dan Bangkahoni juga. Jadi kita siap menunjang untuk mudik lebaran Ini dan ini spesial untuk kecepatan, seperti kejadian di brexit, bila terjadi kecelakaan seperti itu lagi, khusus untuk orang-orang yang membutuhkan penanganan emergency," ungkapnya.

"Untuk orang tua biasanya atau ibu-ibu yang berkebutuhan khusus yang harus segera ke Rumah Sakit, kita bisa gunakan helikopter," lanjut Henri.

Basarnas juga akan menyiagakan lima kapal di Jawa dan Sumatera. Kapal tersebut disiagakan guna membantu jika terjadi bencana.

"Kita siagakan ada 5 kapal nanti yang standby baik dari sisi Jawa dan juga Sumatra. Kita juga siagakan 3 kapal dan 1 helikopter, pertama ketika arus mudik ke Sumatera kita siagakan lebih banyak di sisi pulau Jawa. Kemudian yang di sisi Lampung nanti ketika arus balik, karena ini sudah kita prestisi," tuturnya.

"Dan seperti permintaan dari KNKT, kita memang akan menyiagakan di tengah-tengah, akan selalu ada kapal Basarnas yang selalu standby ketika arus mudik maupun balik terjadi," kata Henri.

Lebih lanjut, Henri menuturkan, Basarnas tahun ini juga meningkatkan kesiapsiagaan alat dan personel. Kesiapsiagaan ini, kata dia, seiring dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Basarnas mempersiapkan diri untuk arus mudik yang istimewa, preaiden juga sudah memberikan instruksi kepada Basarnas untuk mensiagakan ketingkatan yang lebih dari pada tahun kemarin. Terutama kesiagaan dalam alat, juga personel. Kita fokus pada penyebrangan. Dari Merak ke Bangkahoni, begitu juga sebaliknya ketika arus balik," ucapnya.


(mae/mae)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek