Cara Sederhana Deteksi Alergi pada Anak By Antara jawapos.

 

Cara Sederhana Deteksi Alergi pada Anak

By Antara
jawapos.com
April 13, 2023
ILUSTRASI Alergi.
ILUSTRASI Alergi.

JawaPos.com - Mendeteksi pemicu alergi pada anak ternyata bisa dilakukan dengan cara sederhana. Salah satunya dengan membuat catatan harian tentang makanan yang dikonsumsi anak.

Dilansir dari ANTARA, Jumat (14/4), Ahli alergi imunologi anak dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) mengatakan, cara yang paling sederhana adalah mengamati sendiri apa yang dimakan. Lalu, catat pula gejala yang timbul dari makanan.

Catatan ini bisa dilakukan misalnya selama seminggu atau dua minggu. Cara tersebut bisa dilakukan jika belum sempat melakukan tes alergi. "Hari itu makan apa, timbul gejala apa," kata Zaki dalam diskusi daring.

Penting juga mencatat obat yang sedang dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk mencegah kesalahan dalam menentukan pencetus alergi.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui pencetus alergi yakni skin prick test. Yakni meneteskan beberapa jenis cairan alergen pada lengan. Kemudian kulit lengan akan ditusuk jarum sehingga alergen masuk ke bawah permukaan kulit. Selain itu bisa mengukur kadar imunoglobulin E (IgE) spesifik dalam darah.

Jika masih ragu dengan hasil tes alergi, Zaki menganjurkan untuk melakukan uji eliminasi dan provokasi yakni dengan membatasi makanan yang dicurigai sebagai pemicu alergi.

"Kita pantang makanan yang kita curigai, kemudian sekitar dua mingguan, kita tantang dengan memberikan makanan tadi, bagaimana reaksinya? Tapi ini tidak boleh dilakukan sendiri karena bahaya kalau reaksinya berat, jadi lakukan di rumah sakit oleh dokternya agar bisa diawasi," kata Zaki.

Untuk diketahui, penyebab alergi bukan selalu dari makanan. Namun bisa juga dari lingkungan seperti bulu hewan, cuaca, debu, hingga gigitan serangga.

Baca Juga

Komentar