Pilihan

BPBD Bantul Siapkan Distribusi Air Bersih Antisipasi Kekeringan - inews

 

BPBD Bantul Siapkan Distribusi Air Bersih Antisipasi Kekeringan

5-6 minutes BPBD Bantul Siapkan Distribusi Air Bersih Antisipasi Kekeringan BPBD Bantul mempersiapkan distribusi air bersih ke masyarakat untuk mengantisipasi kekeringan. (Foto Ilustrasi : ist)

BANTUL, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mempersiapkan distribusi air bersih ke masyarakat. Ini untuk antisipasi kekeringan dampak kemarau yang diprediksi terjadi pada Mei mendatang. 

Shopee

FLASH SALE Rp99 DAY

Total Hadiah 2M | GRATIS ONGKIR s/d 20 RIbu | Flash Sale Rp99 | Diskon hingga 70%

LIHAT
KODE YSX

S & K ðŸ“… 31 May 2023

"Untuk mengantisipasi dampak musim kemarau itu dari BPBD Bantul sudah mempersiapkan salah satunya adalah untuk antisipasi apabila nanti ada permintaan air bersih dari masyarakat," kata Komandan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah di Bantul, Jumat (28/4/2023).

Baca Juga

Aka Luk Luk menyebut berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, musim kemarau tahun ini akan lebih kering dari biasanya.

Menurutnya salah satu dampak kemarau adalah wilayah atau titik-titik tertentu di Bantul, masyarakat memiliki kecenderungan untuk mengajukan permintaan air bersih, menyusul debit air yang terus berkurang.

Baca Juga

Sejumlah wilayah di Bantul yang mempunyai kerawanan tinggi dampak kemarau secara geografis berada di wilayah perbukitan.  Seperti di Kecamatan Dlingo, sebagian wilayah Imogiri, Pundong, dan wilayah Piyungan.

"Di daerah Srimulyo, Srimartani Piyungan itu masih dimungkinkan biasanya yang mengajukan. Namun mudah-mudahan tahun ini musim kemarau tidak seperti yang diprediksikan," ujarnya.

Baca Juga

Aka Luk Luk mengatakan, musim kemarau pada 2023 yang lebih kering dari biasanya sesuai prakiraan BMKG dipengaruhi oleh fenomena El Nino, tidak seperti biasa yang dipengaruhi La Nina. Puncak kemarau tahun ini diperkirakan terjadi pada Juli-Agustus.

"Saat ini masih musim peralihan sampai awal Mei. Antisipasi sekarang ini masih memantau perkembangan iklim dan cuaca. Jika ada yang meminta dukungan air bersih, BPBD sudah mempersiapkan," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews.id tidak terlibat dalam materi konten ini.



Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek