Brutal, Pasukan Israel Tembak Mati Pria Palestina di Gerbang Masjid Al Aqsa usai Tarawih - inews

 

Brutal, Pasukan Israel Tembak Mati Pria Palestina di Gerbang Masjid Al Aqsa usai Tarawih

Anton Suhartono
Brutal, Pasukan Israel Tembak Mati Pria Palestina di Gerbang Masjid Al Aqsa usai Tarawih
Pasukan Israel menembak mati seorang warga Palestina di pintu masuk Masjid Al Aqsa (Foto: Middle East Eye)

YERUSALEM, iNews.id - Pasukan Israel menembak mati seorang warga Palestina di pintu masuk Masjid Al Aqsa, Jumat (31/3/2023) malam. Korban ditembak usai melaksanakan Sholat Tarawih di tempat suci ketiga umat Islam itu.

Shopee

Voucher Spesial iNews

Kupon Shopee

LIHAT KODE
🕒 14 Apr 2023

Media lokal, mengutip keterangan saksi, melaporkan pria itu ditembak setelah sempat cekcok dengan pasukan Israel yang berjaga di Chain Gate atau Bab Al Silsela. Korban tampaknya membela seorang perempuan Palestina yang diserang pasukan Zionis saat hendak kembali masuk kompleks masjid.

Baca Juga

Namun keterangan kepolisian Israel menyebutkan, pria itu ditembak karena berusaha merebut senjata dari petugas. Pria itu dilumpuhkan. 

Korban kemudian dinyatakan tewas dan diidentifikasi sebagai pria berusia 26 tahun warga Negev, Israel selatan.

Baca Juga

Saksi mata mengatakan, saat kejadian terdengar 20 kali tembakan dalam waktu kurang dari 1 menit. Setelah insiden seorang pria tergeletak dalam kondisi luka di dekat Chain Gate.

Pasukan Israel menutup gerbang masjid setelah lebih dari 100.000 jemaah meninggalkan kompleks usai Sholat Tarawih. Polisi mencegah warga Palestina kembali ke masjid untuk melanjutkan ibadah.

Baca Juga

Sementara Middle East Eye, mengutip keterangan saksi, melaporkan sebelum insiden pada malam itu, pasukan Israel sempat memasuki halaman Aasjid Al Aqsa untuk mencabut spanduk yang dipasang oleh jemaah usai Sholat Jumat.

Aksi itu mendapat respons dari jemaah dengan meneriakkan yel-yel serta memasang plakat yang mendukung kelompok perlawanan Palestina.

Pengelola Masjid Al Aqsa menyatakan, Sholat Jumat kemarin atau yang kedua selama Ramadhan tahun ini diikuti hampir 250.000 warga Palestina. Jumlah itu hampir 4 kali lipat daripada jemaah yang hadir untuk sholat lima waktu.

Pasukan Israel mengerahkan lebih dari 2.000 petugas di Yerusalem Timur untuk memantau pergerakan massa ke Masjid Al Aqsa.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar