Pilihan

Cuaca Tak Menentu Sulitkan Penyelamatan Pilot Susi Air yang Disandera KKB By BeritaSatu

 

Cuaca Tak Menentu Sulitkan Penyelamatan Pilot Susi Air yang Disandera KKB

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 16, 2023
Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Martheins bersama KKB pimpinan Egianus Kogoya, Jumat, 10 Maret 2023.
Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Martheins bersama KKB pimpinan Egianus Kogoya, Jumat, 10 Maret 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono mengungkapkan cuaca yang tidak menentu di Nduga, Papua Pegunungan, menjadi salah satu penyebab kesulitan dalam penyelamatan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Namun, Julius menegaskan jika personel TNI telah mengetahui titik keberadaan pilot Susi Air ini.

"Kondisi pilot sudah diketahui areanya. Operasinya sudah semakin mengerucut dan terfokus," pungkas Julius.

Walaupun pencarian pilot Susi Air telah mengerucut, Julius mengaku TNI mengalami kendala dalam operasi penyelamatan. Bahkan, jalur komunikasi melalui saluran radio pun masih terhambat.

"Jadi cuaca, dan ini sangat tidak menentu di Papua. Kemarin kami mencoba untuk berkomunikasi melalui saluran radio juga masih terhambat," papar Julius.

Di sisi lain, TNI tidak pernah mundur dan konsisten untuk menjaga kedaulatan NKRI, salah satunya di Papua. TNI pun akan bertindak sesuai arahan Panglima TNI untuk mengambil tindakan tegas tanpa ragu-ragu terhadap KKB ini.

"TNI sebagai patriot NKRI tidak pernah mundur sejengkal pun untuk menjaga kedaulatan wilayah RI dan itu masih konsisten dilaksanakan di Papua. Panglima TNI dengan tegas menyampaikan untuk ambil tindakan jangan ragu-ragu," tegas Julius.

"Menindaklanjuti kesimpangsiuran informasi yang beredar di medsos sejak kemarin, saya menyarankan segenap awak media untuk berkenan merujuk informasi yang disampaikan melalui jalur Mabes TNI. Penyebaran informasi keliru akan berdampak pada tingkat keberhasilan operasi di lapangan," katanya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek