Dampak Buruk Mengonsumsi Air Kelapa yang Wajib Diketahui - Beritasatu

 

Dampak Buruk Mengonsumsi Air Kelapa yang Wajib Diketahui

Sabtu, 22 April 2023 | 13:26 WIB
Winda Destiana Putri / WDP
Air kelapa berfungsi sebagai minuan elekrolit untuk menggantikan ion tubuh yang hilang setelah berpuasa
Air kelapa berfungsi sebagai minuan elekrolit untuk menggantikan ion tubuh yang hilang setelah berpuasa (Ist)

Jakarta, Beritasatu.com - Air kelapa adalah minuman pertama yang terlintas dalam pikiran ketika berbicara kesehatan. Sangat populer dalam bentuk alaminya, minuman ini dikatakan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Termasuk kemampuannya menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta merehidrasi tubuh Anda. Namun, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa juga memiliki beberapa kelemahan.

Seperti banyak makanan lainnya, konsumsi air kelapa secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping. Kemungkinan efek diuretiknya dapat menyebabkan masalah buang air kecil dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang dapat meningkatkan kadar gula darah tubuh Anda.

Advertisement

Ini juga dapat berdampak pada ginjal Anda dan dapat mengganggu cara kerja beberapa obat. Melansir laman Pinkvilla, inilah beberapa dampak buruk mengonsumsi air kelapa yang wajib Anda ketahui.

1. Berbahaya bagi penderita alergi
Kelapa berasal dari keluarga yang sama dengan kacang pohon, dan protein yang disebut tropomiosin.  Tropomiosinyang ditemukan dalam air kelapa dapat memicu reaksi alergi pada individu terhadap kacang.

Beberapa reaksi alergi umum yang mungkin Anda alami dari air kelapa antara lain wajah, lidah, atau bibir bengkak, gatal, dan juga kesulitan bernapas. Dalam kasus parah yang jarang terjadi, hal itu juga dapat mengakibatkan reaksi alergi yang berpotensi mengancam jiwa yakni anafilaksis.

2. Dapat meningkatkan gula darah
Gula alami terdapat dalam air kelapa dalam berbagai bentuk, antara lain sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Gula alami ini mungkin tidak meningkatkan kadar gula darah Anda dengan cepat. Namun, beberapa merek air kelapa kemasan mungkin mengandung tambahan gula atau perasa. Ini dapat meningkatkan kandungan gula dan GI, menghasilkan lonjakan gula darah yang lebih cepat, sehingga menjadikannya salah satu kelemahan air kelapa.

Dampak air kelapa pada kadar gula tubuh Anda mungkin bergantung pada berbagai faktor. Mungkin kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan dan jumlah air kelapa yang dikonsumsi. Jika Anda adalah penderita diabetes, maka perlu ekstra hati-hati saat mengonsumsi air kelapa.

3. Tidak baik untuk atlet
Air kelapa dipromosikan sebagai alternatif alami untuk minuman olahraga generik karena konon kaya akan elektrolit, vitamin, dan mineral yang dapat membantu mengisi kembali simpanan energi setelah berolahraga atau beraktivitas. Namun, itu mungkin bukan minuman energi yang sempurna untuk atlet profesional.

Setelah latihan yang intens, para atlet perlu mengisi kembali simpanan glikogen otot dan memulai perbaikan dan adaptasi jaringan otot. Penting juga bagi mereka untuk mengonsumsi suplemen karbohidrat sesegera mungkin. Air kelapa alami dapat memberikan karbohidrat dan elektrolit yang jauh lebih sedikit daripada minuman olahraga pada umumnya, dan mungkin tidak cukup untuk pemulihan atlet.

Untuk air kelapa kemasan, merek tertentu mungkin menambahkan gula ekstra atau perasa buatan ke dalamnya. Ini dapat menyebabkan kalori yang berlebih dalam air kelapa serta menghilangkan beberapa manfaat kesehatan potensial.

4. Dapat menurunkan tekanan darah
Bagi penderita darah tinggi, mengkonsumsi air kelapa secara rutin adalah baik. Tapi itu mungkin tidak menguntungkan jika Anda memiliki tekanan darah rendah. Anda harus minum minuman super ini secukupnya.

Penelitian dilakukan pada 28 orang untuk mengetahui pengaruh konsumsi rutin dua minuman makanan tropis, yaitu air kelapa dan mauby. Terungkap bahwa penurunan signifikan rata-rata tekanan darah sistolik diamati pada 71% orang yang mengonsumsi air kelapa secara teratur selama masa studi.

5. Dapat menimbulkan ketidakseimbangan elektrolit
Air kelapa umumnya dikenal sebagai sumber elektrolit alami. Ini adalah mineral penting yang membantu mengatur fungsi tubuh. Mereka juga memainkan peran penting dalam fungsi otot, transmisi saraf, dan menjaga keseimbangan cairan di dalam dan di luar sel Anda.

Jika terlalu sedikit atau terlalu banyak elektrolit dalam tubuh, itu akan menyebabkan ketidakseimbangan. Oleh karena itu, konsumsi air kelapa dalam jumlah banyak dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Hiperkalemia dan Hiponatremia juga dianggap sebagai potensi efek samping dari air kelapa. Hiperkalemia adalah suatu kondisi ketika darah dalam tubuh Anda memiliki kadar potasium yang tinggIni dianggap sebagai gangguan elektrolit yang berpotensi mengancam jiwa Hiponatremia adalah suatu kondisi ketika aliran darah Anda memiliki kadar natrium yang rendah. Salah satu dari banyak penyebabnya adalah ketika Anda mungkin mengonsumsi terlalu banyak cairan tanpa asupan natrium yang cukup.

6. Memiliki sifat diuretik
Air kelapa dipercaya memiliki sifat diuretik. Diuretik adalah zat yang mendorong diuresis, yaitu meningkatkan produksi urin. Anda mungkin harus buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Sebuah studi berjudul "Air kelapa: Sumber tak terduga sitrat urin" dilakukan untuk menentukan apakah konsumsi air kelapa akan menyebabkan perubahan faktor litogenik di luar perubahan volume urin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air kelapa secara signifikan meningkatkan sitrat urin, kalium urin, dan klorida urin tanpa mempengaruhi pH urin. Beberapa penelitian lain yang dilakukan dari waktu ke waktu juga mengungkapkan hasil yang sama.

Hal ini termasuk dalam daftar efek samping air kelapa karena konsumsi air kelapa yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi karena sering buang air kecil.

7. Air kelapa dapat mengganggu cara kerja beberapa obat
Komponen air kelapa dapat memengaruhi cara kerja beberapa obat. Misalnya, jika obat Anda memengaruhi kadar potasium, meminum air kelapa dalam jumlah besar berpotensi menyebabkan lonjakan besar pada kadar tersebut. Demikian pula, jika Anda mengonsumsi obat yang memengaruhi kadar elektrolit, mengonsumsi air kelapa berpotensi mengganggu cara kerja obat tersebut.

Mengkonsumsi air kelapa saat Anda minum obat untuk tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penurunan tekanan darah sangat rendah, yang bisa menjadi bahaya kesehatan yang parah. Namun, bagi kebanyakan orang, minum air kelapa dalam jumlah sedang tidak mungkin menyebabkan masalah dalam pengobatan.

8. Dapat menyebabkan ginjal bermasalah
Konsumsi air kelapa yang berlebihan berpotensi menyebabkan masalah ginjal dalam beberapa kasus karena air kelapa mengandung kadar potasium yang tinggi. Jika Anda memiliki masalah ginjal, mungkin tidak dapat secara efektif mengeluarkan kelebihan kalium yang masuk ke tubuh dengan air kelapa. Oleh karena itu, ini dianggap sebagai salah satu kekurangan air kelapa.

Kesimpulan
Tidak dapat disangkal, meminum air kelapa memang memberi banyak keuntungan, namun ia memiliki beberapa kelemahan jika dikonsumsi secara berlebihan. Penting untuk mempertimbangkan semua potensi kerugian air kelapa sebelum dan selama konsumsi. Ingatlah bahwa asupan air kelapa yang berlebihan dapat menurunkan tekanan darah Anda. Maka dari itu, selalu konsumsi air kelapa dalam jumlah sedang.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

BERITA TERKINI

Dikabarkan Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD: Berita yang Enak Dibaca

Dikabarkan Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD: Berita yang Enak Dibaca

BERSATU KAWAL PEMILU 11 menit yang lalu
Libur Lebaran, Ayu Ting Ting Ajak Putrinya ke Korea Selatan

Libur Lebaran, Ayu Ting Ting Ajak Putrinya ke Korea Selatan

LIFESTYLE 14 menit yang lalu
Bantah Pasukannya Gugup Dikejar City, Arteta Puji Mentalitas Skuad Arsenal

Bantah Pasukannya Gugup Dikejar City, Arteta Puji Mentalitas Skuad Arsenal

SPORT 22 menit yang lalu
Ganjar Capres PDIP, Golkar Prioritaskan Bentuk Koalisi Besar

Ganjar Capres PDIP, Golkar Prioritaskan Bentuk Koalisi Besar

BERSATU KAWAL PEMILU 28 menit yang lalu
Hari H Lebaran 2023, Tol Cipali Dipadati para Pemudik

Hari H Lebaran 2023, Tol Cipali Dipadati para Pemudik

NUSANTARA 37 menit yang lalu
Ramadan Tahun Ini Buat Ayu Ting Ting Sedih, Kenapa?

Ramadan Tahun Ini Buat Ayu Ting Ting Sedih, Kenapa?

LIFESTYLE 39 menit yang lalu
Kader PDIP Kalbar Solid Sosialisasikan Ganjar Capres 2024

Kader PDIP Kalbar Solid Sosialisasikan Ganjar Capres 2024

BERSATU KAWAL PEMILU 49 menit yang lalu
Sumringah Napi Wanita Terima Remisi Hari Raya Idulfitri

Sumringah Napi Wanita Terima Remisi Hari Raya Idulfitri

MEGAPOLITAN 49 menit yang lalu
Salat Id di Masjid Raya Al Mashun Medan, Jemaah Tumpah hingga Jalan Raya

Salat Id di Masjid Raya Al Mashun Medan, Jemaah Tumpah hingga Jalan Raya

NUSANTARA 55 menit yang lalu
Toleransi Beragama, Pemuda Gereja Bantu Bagikan Pengalas Sajadah Salat Id di Ternate

Toleransi Beragama, Pemuda Gereja Bantu Bagikan Pengalas Sajadah Salat Id di Ternate

NUSANTARA 1 jam yang lalu
Infografik TextInfografik Penyelenggaraan Sidang Isbat 1 Syawal 1444 H
B-FILES
Perlu Terobosan Hukum Bongkar Transaksi Rp 189 T di Kemenkeu

Perlu Terobosan Hukum Bongkar Transaksi Rp 189 T di Kemenkeu

Baca Juga

Komentar