Pilihan

Dishub Jambi Meniadakan Mudik Gratis Idul Fitri 2023 - Viva

 

Dishub Jambi Meniadakan Mudik Gratis Idul Fitri 2023

Rabu, 5 April 2023 - 17:43 WIB
Oleh :
Kabid Darat Dishub Jambi, Wing Gunardi dan BPTD Jambi Sigit Mintarso
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)
Share :

VIVA - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi mengeluarkan pernyataan bahwa Mudik Gratis jelang Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 ditiadakan di Jambi. 

Kabid Darat Dishub Jambi, Wing Gunardi saat dikonfirmasi mengatakan, untuk angkutan mudik lebaran Idul Fitri tahun 2023 ini tidak ada namun direncanakan di tahun 2024 akan ada mudik secara gratis.

Baca Juga :

"Kalau tahun ini tidak ada mudik gratis dan akan direncanakan tahun depan yakni 2024," ujarnya. 

Dia menyebutkan, untuk jalur mudik yang selalu dipadati adalah jalan lintas timur ke Pekanbaru dan jalur Jambi-Padang dan dishub akan selalu antisipasi kemacetan seperti di pasar yang ada di jalur lintas mudik lebaran. 

Suasana arus Mudik H-2

Suasana arus Mudik H-2

Photo :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

"Tidak hanya itu, dalam memberi kenyamanan dan kelancaran arus mudik, pihaknya juga akan menyetop angkutan batu bara di H-7 dan angkutan barang H-4 hingga sampai tanggal 25 April," jelasnya, Rabu, 5 April 2023.

Terpisah, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah V Provinsi Jambi Sigit Mintarso saat dikonfirmasi mengatakan, persiapan arus mudik jelang Idul fitri  sudah mulai menyiapkan sejumlah posko-posko baik di provinsi maupun kabupaten/kota sebagai pusat pelayanan maupun pengamanan.

"Kami BPTD terkait arus mudik secara rutin melakukan rampcheck, pemeriksaan kelayakan jalan sedangkan untuk jembatan timbang yang dikelola oleh BPTD masih menunggu arahan pusat.

"Tahun lalu kami fungsikan sebagai rest area dalam memberikan kesempatan istirahat pemudik," tuturnya. 

Mudik lebaran Idul Fitri dari Provinsi Jambi akan meningkat hingga 10 persen dibandingkan tahun lalu dan survei kementerian perhubungan, memang mobilitasnya saat ini tinggi dalam surveinya disebutkan mencapai 123 juta orang akan melaksanakan mudik dengan berbagai moda transportasi. 

"Kalau Provinsi Jambi untuk mudik lebaran idul fitri diperkirakan akan meningkat karena sudah ada pelonggaran," katanya. 

Baca Juga :

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek