Pilihan

Jelang Arus Mudik Lebaran, Jalur Pantura di Tegal Masih Rusak - Beritasatu

 

Jelang Arus Mudik Lebaran, Jalur Pantura di Tegal Masih Rusak

Rabu, 12 April 2023 | 13:38 WIB
Cas Kuat / BW
Kendaraan melintas di jalur Pantura yang rusak di daerah Demangharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu 12 April 2023.
Kendaraan melintas di jalur Pantura yang rusak di daerah Demangharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu 12 April 2023. (Beritasatu.com/Cas Kuat )

Tegal, Beritasatu.com – Sejumlah titik di jalur Pantura khususnya di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, masih rusak, menjelang arus mudik Lebaran 2023.

Kerusakan terlihat dengan masih banyaknya lubang yang tersebar di sepanjang ruas Tegal hingga Pemalang. Selain itu, koondisi jalan juga bergelombang sehingga membahayakan jika dilalui para pemudik, terutama pengguna sepeda motor.

Nurhadi (45), salah satu sopir truk ekspedisi menceritakan kerusakan jalan sudah lama terjadi, tetapi belum juga diperbaiki kendati arus mudik makin dekat.

Jalan yang rusak tersebar di sejumlah titik di jalur Pantura mulai dari daerah Demangharja, Kecamatan Suradadi, Kabupetan Tegal, Jawa Tengah hingga memasuki wilayah Kabupaten Pemalang.

Advertisement

Saat diguyur hujan, tidak sedikit pengguna jalan yang terpaksa harus mengurangi laju kendaraannya lantaran takut terjerembab. Diameter dan kedalaman lubang yang ada di jalur arteri ini juga bervariasi. Jika tidak segera tertangani, kondisi ini tentu saja sangat membahayakan keselamatan para pemudik, mengingat jalur ini merupakan akses utama sepanjang Pantura.

Untuk kendaraan roda empat juga harus lebih berhati-hati saat melintas. Hal itu karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi patah as roda jika kendaraan dengan beban berat memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Lebih lanjut Nurhadi berharap agar para pemudik nantinya bisa mewaspadai saat melintas di jalan arteri dari arah Jakarta menuju Semarang khususnya di ruas Tegal.

Ia juga berharap pihak-pihak terkait bisa memberikan rambu peringatan di sepanjang ruas jalan yang rusak saat arus mudik berlangsung, sehingga pemudik bisa lebih berhati-hati dalam berkendara.

Tidak hanya itu, diharapkan adanya penempatan petugas di lokasi-lokasi ruas jalan arteri yang masih banyak terdapat kerusakan, sehingga dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan saat arus mudik berlangsung.

Kerusakan jalur pantura di wilayah Demangharja, Suradadi sisi utara belum akan direkonstruksi pada arus mudik kali ini. Perbaikan baru akan dikerjakan atau direkonstruksi seusai arus mudik balik Lebaran.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek