Pilihan

Kemenlu Kembali Evakuasi 328 WNI dari Sudan - BeritaSatu.com

Kemenlu Kembali Evakuasi 328 WNI dari Sudan

BeritaSatu.com
3-3 minutes


Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu telah melakukan evakuasi tahap II terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Sudan. Setelah sebelumnya Kemenlu berhasil mengevakuasi 569 WNI, pada tahap II ini ada 328 WNI yang berhasil keluar dari Ibu Kota Khartoum yang bergejolak.

“Alhamdullilah, proses evakuasi tahap kedua dari Khartoum menuju Port Sudan telah tiba melalui jalur darat dan tiba pada hari ini juga (Rabu, Red) sekitar pukul 09.30 WIB,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi seperti dikutip dari laman resmi Kemenlu, Kamis (27/4/2023).

Menlu mengatakan, dari 328 WNI yang berhasil dievakuasi itu terdapat 29 perempuan, 294 laki-laki, dan 5 orang anak-anak. Sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa dan pekerja migran Indonesia (PMI) dengan keluarganya serta seorang tenaga profesional sebuah maskapai penerbangan.

“Kalau yang tahap pertama dipimpin langsung oleh Dubes RI, yang tahap kedua ini dipimpin oleh tim dari KBRI yang jumlahnya 4 orang,” ujar Menlu.

Disebutkan, para WNI itu menggunakan 7 buah bus dan menempuh perjalanan yang sama dengan evakuasi tahap pertama. Dari Kota Khartoum, mereka melewati Atbara, kemudian Kota Sawakin, dan ke Kota Port Sudan.

Selain WNI, ujar Menlu Retno, evakuasi tahap kedua ini kita juga membawa 7 orang warga negara asing (WNA), yaitu 6 warga Australia dan 1 warga Sudan.

Sementara itu, untuk evakuasi tahap I, Menlu mengatakan bahwa ada tambahan 31 WNI sehingga total ada 569 orang yang berhasil dibawa ke Port Sudan. Dari 569 orang itu, sebanyak 557 sudah melanjutkan perjalanan melalui laut ke Pelabuhan Jeddah dan telah tiba kemarin.

Sementara itu, sebanyak 12 orang lainnya, yaitu 10 tim dari KBRI tetap tinggal sementara di Kota Port Sudan untuk membantu evakuasi tahap kedua. Sedangkan, 2 WNI lainnya saat ini masih menunggu penyelesaian dokumen perjalanan.

“Tim dari Kementerian Luar Negeri yang dipimpin oleh Direktur PWNI (Perlindungan WNI, Red), saat ini juga sedang menyeberang dari Jeddah ke Kota Port Sudan untuk membantu evakuasi tahap 2 serta menyelesaikan segala urusan terkait evakuasi yang sangat rumit ini,” ujar Menlu.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek