Kenapa Toilet Bus Tidak Boleh Dipakai Buang Air Besar? Penumpang Abai Bisa Kena Denda - inews

 

Kenapa Toilet Bus Tidak Boleh Dipakai Buang Air Besar? Penumpang Abai Bisa Kena Denda

5-6 minutesKenapa Toilet Bus Tidak Boleh Dipakai Buang Air Besar? Penumpang Abai Bisa Kena Denda Kenapa toilet bus tidak boleh dipakai buang air besar? Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (26/4/2023), berikut penjelasannya. (Foto: YT/Bas Bis Bos)

JAKARTA, iNews.id - Sebagian besar perusahaan otobus (PO) melarang penumpang buang air besar (BAB) di toilet bus. Meskipun ada beberapa PO bus mengizinkan, namun memakai toilet bus untuk BAB masih tabu.

Shopee

BIG RAMADAN SALE

Promo terbesar Se-Indonesia. Diskon 50%, THR Kaget 15 Milyar, Flash Sale Akbar Rp.1. Gratis Ongkir Super DAHSYAT dan masih banyak promo lainnya.

LIHAT
KODE JFC

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Ini bukan tanpa alasan karena memakai toilet bus untuk BAB memiliki risiko besar. Tak heran, jika ada tulisan toilet hanya untuk buang air kecil dan hanya bisa digunakan saat bus berjalan.

Baca Juga

Lantas kenapa toilet bus tidak boleh dipakai buang air besar? Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (26/4/2023), berikut penjelasannya.

PO Putera Mulya dalan Instagram, menjelaskan sebagian besar bus AKAP di Indonesia tidak dilengkapi dengan tangki penampungan atau septic tank. Ini lantaran septic tank memerlukan perawatan yang menguras tenaga.

Baca Juga

Proses pengurasan tangki penampungan memakan waktu lama dan membutuhkan effort lebih. Atas alasan tersebut, banyak PO bus yang memutuskan tidak memasang septic tank karena akan menambah biaya.

Kebanyakan PO bus masih menggunakan sistem pembuangan toilet bus langsung ke jalan raya. Kotoran manusia yang keluar dari bus dapat mengganggu dan membahayakan pengguna jalan lain.

Baca Juga

Kejadian tidak mengenakan seperti ini pernah terjadi beberapa waktu lalu. Di mana salah satu bus AKAP ditahan petugas SPBU karena ada penumpang bus yang BAB di toilet sehingga kotoran keluar ke kawasan SPBU.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di terminal, membuat bus tersebut harus membayar denda. Lucunya karena tidak ada yang mengaku BAB, semua penumpang ikut urunan.

Baca Juga

Meskipun ada beberapa PO yang sudah menyematkan septic tank, namun sebagian besar PO masih ragu menggunakannya. Mereka khawatir bau kotoran di septic tank masuk ke dalam kabin.

Alasan lain tidak boleh BAB di toilet bus adalah karena durasi pemakaian toilet ketika BAB memakan waktu yang lama. Ini mengganggu penumpang lain yang juga ingin menggunakan toilet.

Selain itu, kondisi jalan yang sedang dilalui bus tidak dapat diprediksi, sehingga ada kemungkinan membahayakan penumpang. Misalnya saja saat sopir tiba-tiba melakukan pengereman mendadak, penumpang akan hilang keseimbangan dan terjatuh di toilet.

Editor : Dani M Dahwilani

Follow Berita iNews di Google News


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews.id tidak terlibat dalam materi konten ini.

Baca Juga

Komentar