Pilihan

Menteri Pertambangan Sudan Sebut 2 Anggota Keluarganya Tewas gara-gara Konflik Militer - inews

 

Menteri Pertambangan Sudan Sebut 2 Anggota Keluarganya Tewas gara-gara Konflik Militer

Ahmad Islamy Jamil
Menteri Pertambangan Sudan Sebut 2 Anggota Keluarganya Tewas gara-gara Konflik Militer
Asap hitam membubung di atas Khartoum, saat konflik militer pecah di ibu kota Sudan itu, Sabtu (15/4/2023). (Foto: Reuters)

KHARTOUM, iNews.id – Konflik militer di Sudan memakan korban di kalangan pejabat pemerintah setempat. Menteri Pertambangan Sudan, Mohamed Bashir Abunammu mengatakan, dua anggota keluarganya tewas ketika rumahnya di Khartoum dilanda bentrokan, Minggu (16/4/2023).

Melalui media sosial, Abunammu mengatakan, rumahnya di ibu kota Sudan itu ditembaki dengan peluncur granat antitank genggam pada Minggu pagi waktu setempat. Akibatnya, dua anggota keluarganya tewas. Tak hanya itu, tiga orang lainnya, termasuk dua pengawalnya, juga meninggal dalam peristiwa itu.

Baca Juga

Abunammu pun meminta Tentara Nasional Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) agar segera menghentikan pertempuran dan duduk di meja perundingan.

Bentrokan antara Tentara Nasional Sudan dan RSF pecah pada Sabtu (15/4/2023). Pusat konflik berada di Khartoum. Pasukan pemerintah menuduh RSF melakukan pemberontakan dan melancarkan serangan udara ke pangkalan mereka. 

Baca Juga

RSF pun mengklaim telah memegang kendali atas istana presiden di ibu kota Sudan dan bandara di Kota Khartoum dan Merowe. Tentara Nasional Sudan membantah klaim RSF tersebut. 

Baca Juga

Pada Sabtu malam, Panglima Angkatan Bersenjata Sudan Abdel Fattah al-Burhan mengeluarkan keputusan untuk membubarkan RSF.

Bentrokan bersenjata berlanjut hingga Minggu. Angkatan Bersenjata Sudan kemarin menyetujui proposal PBB untuk membuka koridor kemanusiaan selama tiga jam mulai pukul 16.00 waktu setempat (21.00 WIB). Sore harinya, RSF juga mengeluarkan pernyataan setuju untuk membuka koridor kemanusiaan selama empat jam.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek