Pilihan

Mudik 2023, Menteri PPPA Minta Sediakan Tempat Duduk hingga Lampu bagi Pemudik By BeritaSatu

Mudik 2023, Menteri PPPA Minta Sediakan Tempat Duduk hingga Lampu bagi Pemudik

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 15, 2023
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati meminta para penyedia jasa transportasi menyediakan tempat duduk hingga lampu penerangan yang memadai bagi pemudik Lebaran 2023.

Menteri yang dikenal sebagai Bintang Puspayoga itu mengajak seluruh pihak untuk menciptakan iklim dan lingkungan yang aman dan nyaman bagi perempuan dan anak sehingga dapat bersama-sama menikmati indahnya Hari Raya Idulfitri.

"Harapan saya, selain mengutamakan keselamatan dengan ramp check kendaraan, uji kesehatan sopir, dan lain-lain, tentunya suasana aman dan nyaman selama perjalanan juga mesti diciptakan," kata Bintang di Jakarta, Sabtu (15/4/2023) dikutip dari Antara.

Bintang mengatakan, penyediaan tempat duduk yang memadai bagi perempuan dan anak saat bepergian jauh menjadi penting untuk diperhatikan. Selain meminimalkan kemungkinan terjadinya pelecehan seksual, hal tersebut juga penting demi keamanan.

Karena mudik dan perjalanan jauh yang kemungkinan mencapai puncaknya pada pekan libur lebaran 1444 Hijriah yang berlangsung 19 April hingga 1 Mei 2023 nanti, tentu dapat melelahkan dan berisiko bagi kesehatan ibu menyusui dan anak-anak.

"Demi kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan mudik, saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mempersiapkan segala sesuatunya selama perjalanan dari hal-hal yang sifatnya kebutuhan spesifik, terutama untuk perempuan dan anak," ucap Bintang.

Ia juga mengingatkan salah satu pemenuhan kebutuhan spesifik bagi perempuan dan anak itu seperti tersedianya ruang laktasi untuk memberi kesempatan bagi anak memperoleh air susu ibu (ASI). Begitu pula dengan ketersediaan lampu penerangan yang memadai.

"Ini penting diperhatikan bagi setiap penyedia jasa transportasi umum," ucap Bintang.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek