Mudik Lebaran 2023, PLN Siapkan SPKLU di Merak dan 12 Titik di Banten - CNN Indonesia

 

Mudik Lebaran 2023, PLN Siapkan SPKLU di Merak dan 12 Titik di Banten

CNN Indonesia
4-5 minutes
Jumat, 14 Apr 2023 12:48 WIB

PT PLN (Persero) memastikan kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) bagi para pemudik di Pelabuhan Merak,

SPKLU milik PLN tersebar di jalur mudik lebaran 2023. (Antara/Fauzan)

Jakarta, CNN Indonesia --

PT PLN (Persero) memastikan kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) bagi para pemudik di Pelabuhan Merak, Banten. Selain itu, ada juga 12 SPKLU yang tersebar di provinsi Banten untuk menunjang kelancaran mudik lebaran 2023.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan keberadaan SPKLU ini untuk memudahkan pemudik mengisi ulang daya baterai mobil listrik mereka di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni atau sebaliknya.

"Para pemudik dengan mobil listrik kini tidak perlu khawatir kehabisan daya dan dapat melakukan charging saat mudik, SPKLU PLN tersebar di titik-titik strategis jalur mudik," ujar Darmawan, mengutip laman resmi PLN, Jumat (14/4).

SPKLU di Pelabuhan Merak ini merupakan jenis fast charging 50 kw dengan sumber arus AC dan DC, spesifikasi AC Type 2 - 22 kw, AC Chademo- 60 kw DC dan CCS 2 - 60 kw DC.

Selain di Merak, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten juga menyediakan 12 SPKLU bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

"PLN telah menyiapkan 12 titik lokasi SPKLU yang bisa diakses melalui Aplikasi PLN Mobile," ujar General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis, mengutip Antara.

Sebanyak 12 titik SPKLU yang ada di Wilayah Banten itu adalah, SPKLU Sosoro Mall (1 unit), SPKLU PLN UP3 Banten Utara (1), SPKLU Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten ( 1) , SPKLU Terrace 8 Suvarna Sutera (1), SPKLU PLN UP3 Cikupa(1), SPKLU Mall Ciputra Tangerang (1), SPKLU Supermall Karawaci(1), SPKLU Apartemen Aeropolis(4), SPKLU Tangcity(1), SPKLU PLN UID Banten (1), SPKLU AEON(1), dan SPKLU Rest Area Pinang KM 13,5 (1).

"PLN UID Banten bersiaga 24 jam selama periode mudik Lebaran. Selain itu kami siap mendukung pemudik dengan kendaraan listrik agar tetap nyaman dengan bersiaga pada 12 titik SPKLU yang tersebar di Provinsi Banten", ujarnya.

Ia mengimbau pemudik yang menggunakan mobil listrik tidak hanya menyiapkan kondisi mobil prima, tapi juga memetakan titik SPKLU agar membantu dalam perencanaan pengisian daya dan jarak perjalanan yang ditempuh.

Untu mengetahui lokasi SPKLU bisa melalui PLN Mobile. Caranya, buka menu Electric Vehicle, kemudian SPKLU, maka pengendara akan otomatis melihat pada tampilan laman yang paling atas ialah SPKLU yang terdekat. Atau dapat juga melihat dengan tampilan peta dengan mengklik 'MAP'.

Sarwan, salah satu pemudik dari Jakarta yang akan pulang ke kampung halamannya di Lampung berkesempatan memanfaatkan SPKLU di Pelabuhan Merak. Dia mengaku tak khawatir lagi mudik ke kampung halaman menggunakan mobil listrk.

"Sekarang saya merasa tenang saat mudik ke Lampung karena SPKLU ini tepat berada di tengah perjalanan perbatasan Jawa-Sumatera. Sehingga bisa charging mobil listrik sambil menunggu antrean masuk kapal penyeberangan," ujar Sarwan.

Mudik dengan mobil listrik ini merupakan pengalaman pertama kali setelah sekian lama menggunakan mobil berbahan bakar bensin. Selain ramah lingkungan, sisi hemat biaya menjadi alasan utama untuk memakai mobil listrik.

Sarwan berharap SPKLU terus ditambahkan di rest area yang ada di sepanjang jalan tol lintas Sumatera. Hal ini karena menyiapkan keperluan mudik menggunakan mobil listrik lebih praktis tanpa perlu servis mesin atau ganti oli dibandingkan mobil berbahan bakar bensin atau solar.

"Sehingga secara bertahap jumlah masyarakat yang memakai mobil listrik akan meningkat dengan adanya infrastruktur titik SPKLU yang semakin bertambah banyak dan kemudahan dan ringannya biaya saat akan mudik menggunakan mobil listrik," katanya.

Tiga tipe colokan mobl listrik/Agder MaulanaFoto: 
Tiga tipe colokan mobl listrik/Agder Maulana

(dmr/dmr)

Baca Juga

Komentar