Pasar Tumpah Sebabkan Titik Macet di Jalur Tangerang-Merak - Beritasatu

 

Pasar Tumpah Sebabkan Titik Macet di Jalur Tangerang-Merak

Selasa, 18 April 2023 | 15:25 WIB
Wawan Kurniawan / FER
Dua pasar tumpah yang berada di Jalan Raya Serang, Kecamatan Cikupa dan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten, menjadi salah satu titik kemacetan arus mudik Lebaran 2023.
Dua pasar tumpah yang berada di Jalan Raya Serang, Kecamatan Cikupa dan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten, menjadi salah satu titik kemacetan arus mudik Lebaran 2023. (B Universe Photo/Wawan Kurniawan)

Tangerang, Beritasatu.com - Dua pasar tumpah yang berada di Jalan Raya Serang, Kecamatan Cikupa dan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten menjadi salah satu titik kemacetan arus mudik Lebaran 2023.

Selain banyaknya pedagang yang menggunakan bahu jalan untuk berjualan, maraknya parkir liar imbas dari meningkatnya aktivitas warga yang berbelanja di toko pinggir jalan membuat kemacetan kerap terjadi.

Pantauan Beritasatu.com, Selasa (18/4/2023) kemacetan kendaraan di pasar tumpah yang berada di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang mengular hingga kurang lebih 300 meter.

Advertisement

Kendaraan roda dua maupun roda empat yang akan menuju Serang, Pandeglang, Cilegon, Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, sempat terjebak kemacetan beberapa menit di pasar tumpah ini.

Pasar Tumpah Sebabkan Titik Macet di Jalur Tangerang-Merak
Dua pasar tumpah yang berada di Jalan Raya Serang, Kecamatan Cikupa dan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten, menjadi salah satu titik kemacetan arus mudik Lebaran 2023.

Selain banyaknya pedagang yang berjualan di bahu jalan, angkot yang berhenti sembarangan dan maraknya parkir liar imbas dari meningkatnya aktivitas warga untuk berburu baju lebaran di toko pinggir jalan menjadi pemicu kemacetan.

Tidak hanya di pasar Cikupa, pasar tumpah yang berada di pasar Gembong, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang juga menjadi titik rawan macet saat arus mudik Lebaran 2023.

Kepala Desa Gembong, Nurjen Bisma menyebutkan, para pedagang yang menggunakan bahu jalan sebelumnya sudah diimbau dan ditertibkan untuk tidak menggunakan bahu jalan, namun mereka tetap membandel.

"Kita sudah mengimbau kepada para pelaku usaha, dan juga tukang ojek agar jangan menggunakan bahu jalan karena ini akan digunakan jalur mudik. Luar biasa macetnya di sini, biasanya macet pagi sama sore," ujarnya.

Kasatlantas Polresta Tangerang, Kompol Fikry Ardiansyah mengatakan, Selain akan menempatkan personel di dua titik pasar tumpah, pihaknya pun sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan kendaraan.

"Kita sudah menempatkan personel dua regu di titik sumber kemacetan di pasar Cikupa dan Pasar Gembong. Kemudian untuk cara bertindak sudah kita siapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan,"katanya.

Apabila terjadi kemacetan di pasar Cikupa nantinya kendaraan pemudik akan dialihkan menuju Kawasan Citra Raya dan keluar melalui Kampung Peusar Cikupa sehingga mereka tidak terjebak kemacetan.

"Untuk di pasar Gembong, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang kita akan berlakukan buka-tutup arus lalu lintas. Namun buka tutup ini akan diprioritaskan bagi pemudik yang akan menuju kawasan Serang," pungkasnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Baca Juga

Komentar