Peneliti BRIN Ikut Rukyahtul Hilal Sebelum Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah - detikjatim

 

Peneliti BRIN Ikut Rukyahtul Hilal Sebelum Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Kamis, 27 Apr 2023 19:53 WIB


Andi Pangerang Hasanuddin sempat ikut rukyah hisab di Jombang tiga hari sebelum lontarkan ancaman bunuh warga Muhammadiyah (Foto: Istimewa)
Jombang - Peneliti BRIN Andi Pangerang Hasanuddin diketahui sempat ikut rukyahtul hilal di Jombang 3 hari sebelum melontarkan komentar ancaman bunuh warga Muhammadiyah. Andi hadir di kegiatan tersebut 2 tahun berturut-turut.

Rukyahtul hilal digelar Kemenag Jombang bersama tim hisab rukyat di Pusat Observasi Bulan (POB) Ponpes Mambaul Maarif Denanyar Jombang pada Kamis (20/4/2023). Peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang Hasanuddin ternyata hadir di acara tersebut.

"Iya, selalu hadir dia (Andi), insyaallah dua kali dia hadir (tahun 2022 dan 2023). Tidak tahu kok dia tahu tempatnya di situ," kata Kasi Bimas Islam Kemenag Jombang Mashur kepada wartawan, Kamis (27/4/2023).

Mashur mengaku tidak mengetahui siapa yang mengundang Andi dalam rukyahtul hilal. Sebab pihaknya merasa tidak mengundang peneliti BRIN tersebut. Ia juga tidak mengetahui persis apa saja yang dilakukan Andi ketika itu.

"Saya kurang tahu. Kalau dia, wong dia ahli ya ikut nimbrung barangkali. Saya saat itu berada di bawah, (lokasi rukyahtul hilal) di atas masjid. Yang jelas aktivitas dia sebagai orang yang punya ilmu ke sana," jelasnya.

Sebelumnya, peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin bikin heboh menyusul komentarnya 'halalkan darah semua Muhammadiyah' di Facebook.

Dikutip dari detikNews, perihal itu dibagikan di media sosial oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Ma'mun Murod. Setidaknya ada empat tangkapan layar yang dibagikan Murod dengan caption sebagai berikut:

"Pak Presiden @jokowi Prof. @mohmahfudmd , Pak Kapolri @ListyoSigitP @DivHumas_Polri , Gus Menag @YaqutCQoumas , Kepala @brin_indonesia bgmn dg ini semua? Kok main2 ancam bunuh? BRIN sbg lembaga riset hrsnya diisi mereka yg menampakkan keintelektualannya, bkn justru spt preman."

Di salah satu tangkapan layar, tampak peneliti BRIN lain, Thomas Jamaluddin, menyampaikan soal perbedaan hari Lebaran. Dia mengatakan pemerintah memfasilitasi Muhammadiyah yang telah menentukan awal Lebaran 2023.

Kemudian, Andi Pangerang Hasanuddin dengan akun AP Hasanuddin membalas komentar seorang dengan akun bernama Ahmad Fauzan S di unggahan Thomas pada Minggu (23/4/2023). AP Hasanuddin melontarkan ancaman.

"Perlu saya halalkan gak nih darahnya semua Muhammadiyah? Apalagi Muhammadiyah yang disusupi Hizbut Tahrir melalui agenda kalender Islam global dari Gema Pembebasan? Banyak bacot emang!!! Sini saya bunuh kalian satu-satu. Silakan laporkan komen saya dengan ancaman pasal pembunuhan! Saya siap dipenjara. Saya capek lihat pergaduhan kalian," kata Andi.

Pengurus Muhammadiyah Jombang pun melaporkan Andi Pangerang Hasanuddin ke polisi pada Senin (24/4/2023). Andi dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian dan ancaman pembunuhan melalui media elektronik Facebook. Keesokan harinya, polisi memeriksa 2 saksi pelapor dan Andi sebagai terlapor.

Polisi masih mendalami unsur-unsur dalam pasal yang diduga dilanggar Andi Pangerang Hasanuddin. Yaitu pasal 45A ayat (2) dan atau pasal 45B UU RI nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Simak Video "Peneliti BRIN yang 'Halalkan Darah Warga Muhammadiyah' Minta Maaf"

Peneliti BRIN yang 'Halalkan Darah Warga Muhammadiyah' Minta Maaf

(abq/fat)

Baca Juga

Komentar