Pilihan

Polri: 15 Dermaga dan 78 Kapal Feri Disiapkan Antisipasi Kepadatan Pemudik - Beritasatu

 

Polri: 15 Dermaga dan 78 Kapal Feri Disiapkan Antisipasi Kepadatan Pemudik


Jumat, 14 April 2023 | 13:45 WIB
Stefani Wijaya / CAH
Pelabuhan Merak, Banten.
Pelabuhan Merak, Banten. (B Universe Photo/Ibnu Malikh)

Jakarta, Beritasatu.com - Asops Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, akan menyiapkan 15 dermaga dan 78 kapal feri untuk mengangkut pemudik. Ini sebagai salah satu persiapan untuk mencegah kepadatan pemudik lintas Jawa ke Sumatera di kawasan Pelabuhan Merak.

"Tahun ini kita lipatkan menjadi 15 dermaga dengan 78 feri penyeberangan. Insya Allah dengan dua kali lipat lebih ini kita akan lebih lancar," kata Agung kepada wartawan, Jumat (14/4/2023).

Dikatakan Agung, hal tersebut merupakan salah satu atensi dari Presiden Joko Widodo yang telah ditindaklanjuti mengingat tahun ini diprediksi akan ada lompatan pemudik.

Advertisement

Selain itu, hal tersebut merujuk data tahun lalu yaitu tujuh dermaga dan 48 kapal feri yang disiapkan masih kurang.

"Ini yang kemudian menjadi konsen kita sebagaimana kita tahu, tahun lalu itu di Pelabuhan Merak kita sediakan 7 dermaga dengan 48 feri. Itu tidak mampu. Artinya terkendala karena masih kurang," ucapnya.

Sebelumnya, Mabes Polri menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral pada hari ini, Kamis (6/4/2023). Rapat tersebut membahas mengenai masalah pengamanan mudik menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah hingga Operasi Ketupat 2023.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, rapat dan evaluasi untuk mudik itu digelar lebih awal agar persiapan dapat dilakukan lebih matang.

"Kami melaksanakan rakor lintas sektoral lebih awal untuk melaksanakan evaluasi sekaligus melakukan sinergitas dalam langkah melakukan perbaikan manajemen terkait dengan rekayasa maupun persiapan-persiapan lain," kata Sigit kepada wartawan Mabes Polri.

Kemudian Sigit mengungkapan harapannya yaitu angka kecelakaan lalu lintas bisa menurun dan masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan aman dan lancar dari berbagai jalur.

Lebih lanjut Sigit mengatakan, Polri menggelar Operasi Ketupat 2023 untuk menjaga keamanan dan kelancaran selama arus mudik dan arus balik. Nantinya, Operasi Ketupat akan digelar sejak 18 April hingga 1 Mei 2023.

"Namun demikian untuk melaksanakan pra kondisi kami melaksanakan operasi rutin yang ditingkatkan satu minggu sebelum tanggal 18 dan satu minggu setelah tanggal 1 Mei. Sehingga kurun waktu total hampir 1 bulan," ucapnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek