RSDC Wisma Atlet Kemayoran Ditutup, Alih Fungsinya Kembali ke Kementerian PUPR - inews

 

RSDC Wisma Atlet Kemayoran Ditutup, Alih Fungsinya Kembali ke Kementerian PUPR  

irfan Maulana
RSDC Wisma Atlet Kemayoran Ditutup, Alih Fungsinya Kembali ke Kementerian PUPR  
Pemerintah resmi menutup operasional Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Antara)

TANGERANG, iNews.id - Pemerintah resmi menutup operasional Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat sejak Jumat, (31/4/2024). Kini, RSDC sudah tak lagi melayani pasien Covid-19.

Shopee

Voucher Spesial iNews

Kupon Shopee

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto mengatakan fungsinya dikembalikan ke Kementerian PUPR.

Baca Juga

"Per tanggal 31 maret 2023 ditutup dan dikembalikan ke Kemen PUPR. Peruntukannya ke depan, masih diatur oleh Kemen PUPR," ujarnya, Sabtu, (1/4/2023).

Sementara, sejumlah alat kesehatan , tempat tidur, dan lainnya akan dihibahkan atau dipinjamkan ke sejumlah Rumah Sakit (RS) agar lebih terawat.

Baca Juga

Kapuskes TNI Mayjen dr Guntoro mengatakan, ada beberapa peralatan ICU, termasuk tempat tidur, dan peralatan pendukung lainnya seperti alat tulis, AC, komputer, dan lainnya akan dihibahkan.

"Nanti kita atur dan data. Sudah kita list dan kita cari informasinya, asal-usulnya dari siapa. Sumbangan dari mana, apakah ini milik pemerintah atau swasta. Itu nanti kita atur agar kita kembalikan kalau memang kita pinjam," kata Guntoro.

Guntoro menuturkan, sejumlah alat kesehatan terutama peralatan ICU yang sempat dipakai untuk menangani pasien Covid-19 saat terjadi pelonjakan kasus akan dihibahkan ke sejumlah rumah sakit. Sebab, kalau disimpan tanpa perawatan ada kemungkinan alat akan rusak.

"Kalau alat medis yang seharusnya yang bisa ditempatkan di rumah sakit yang akan kita hibahkan. Seperti alat ICU kan tidak mungkin disimpan di sini terlantar begitu saja nanti akan rusak. Itu yang akan kita hibahkan atau mungkin sampai statusnya jelas kalau perlu kami pinjamkan karena ada beberapa rumah sakit yang meminta dan itu daripada rusak sementara kita hibahkan," ujarnya.

Sebelumnya, RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat resmi tidak lagi melayani isolasi pasien Covid-19 mulai hari ini Jumat (31/3/2023). Hal itu seiring melandainya kasus Covid-19 di Indonesia khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar