Taliban Larang Peredaran Alat Kontrasepsi: Pengendalian Kelahiran Itu Agenda Barat - inews

 

Taliban Larang Peredaran Alat Kontrasepsi: Pengendalian Kelahiran Itu Agenda Barat

Umaya Khusniah
Taliban Larang Peredaran Alat Kontrasepsi: Pengendalian Kelahiran Itu Agenda Barat
Pemerintah Taliban melarang peredaran alat kontrasepsi termasuk pil KB di dua kota besar di Afghanistan. (Foto: Reuters)

KABUL, iNews.id - Pemerintah Taliban melarang peredaran alat kontrasepsi termasuk pil KB di dua kota besar di Afghanistan. Mereka menganggap upaya mengendalikan kelahiran merupakan agenda Barat.

Pasukan Taliban mendatangi satu per satu apotek yang ada di Kota Kabul dan Mazar-e-Sharif. Mereka meminta agar apoteker menghilangkan stok alat kontrasepsi dari daftar barang mereka.

Baca Juga

“Mereka datang ke toko saya dua kali dengan senjata dan mengancam saya untuk tidak menjual pil kontrasepsi,” kata seorang apoteker kepada The Guardian.

Apoteker lain juga mengatakan, pasukan rutin memeriksa setiap apotek di Kabul. Mau tak mau, apoteker harus menghapus alat kontrasepsi dari daftar barang dagangannya. 

Baca Juga

Tak hanya mengancam apoteker, pasukan Taliban juga melarang impor alat kontrasepsi. Akibatnya keberadaan alat kontrasepsi menjadi langka dan menjadi barang ilegal. Untuk mendapatkannya, seseorang harus membayar sangat mahal. 

Shopee

Voucher Spesial iNews

Kupon Shopee

Pasukan bersenjata juga mengancam para bidan agar tidal mempromosikan konsep mengendalikan populasi yang digaungkan Barat.

Baca Juga

“Anda tidak diizinkan pergi keluar dan mempromosikan konsep barat untuk mengendalikan populasi. Ini tidak perlu,” kata seorang bidan yang enggan menyebut nama. 

Tidak ada pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Masyarakat Taliban. Namun mereka membela langkah itu dengan mencap bentuk pengendalian kelahiran sebagai 'agenda Barat'.

Baca Juga

Langkah Taliban ini mendapat tentangan dari dunia Barat. Advokat yang berbasis di Inggris untuk hak-hak perempuan Afghanistan, Shabnam Nasimi mengatakan, Taliban tidak berhak melarang kontrasepsi.

"Hal itu tidak dilarang oleh Al-Qur'an," katanya.

Baca Juga

Afghanistan saat ini adalah satu-satunya negara di dunia di mana anak perempuan dilarang bersekolah.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar