Sidak Takjil di Kediri, Tim Gabungan Pastikan Mamin Aman Dikonsumsi - Beritajatim

 

Sidak Takjil di Kediri, Tim Gabungan Pastikan Mamin Aman Dikonsumsi

Reporter : Nanang Masyhari

WhatsApp Image 2023-04-01 at 08.16.21 (1)_11zon
Tim Gabungan sidak takjil di Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Loka POM di Kabupaten Kediri bersama tim gabungan Dinas Kesehatan, dan Satpol PP melakukan sidak dalam rangka intensifikasi pengawasan keamanan pangan takjil yang dijual selama Bulan Ramadhan 1444 H.

Kegiatan sidak ini berlangsung di sepanjang Jl. Hayam Wuruk dan Kawasan Bundaran Sekartaji, Kota Kediri, yang menjadi kawasan penjualan takjil dadakan. Kegiatan Sidak ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kota Kediri AKBP Teddy Cadra.

“Sidak ini digelar bertujuan untuk melindungi masyarakat agar dapat mengkonsumsi makanan dan minuman takjil yang aman dan bermutu,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri dr Fauzan Adima.

Kegiatan ini merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh Loka POM di Kabupaten Kediri bersama Dinas Kesehatan setiap bulan Ramadhan.

Sidak takjil dilakukan dengan sampling takjil kemudian dilakukan pengujian bahan berbahaya menggunakan metode Uji Cepat (Rapid test).

Tim Gabungan sidak takjil di Kediri

Pengujian yang dilakukan di tempat ini untuk mengetahui apakah sampel bebas dari bahan berbahaya yang sering disalah gunakan pada makanan seperti pewarna tekstil Rodhamin B, Methanyl Yellow, Boraks dan Formalin.

Selain melakukan sampling petugas juga melakukan KIE melalui pembagian leaflet tentang keamanan pangan dan pembagian masker ke penjual takjil.

Hasil uji 20 sampel dari Bundaran Sekartaji dan 15 sampel dari Jl. Hayam Wuruk seperti Mie, bakso, kerupuk, cenil, teri, udang kering, manisan dan sirup buah, dan jajanan lainnya aman dari kandungan berbahaya seperti pewarna sintetik, borax, ataupun formalin.

Meskipun demikian Loka POM di Kabupaten Kediri mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dalam memilih makanan jajanan dan minuman.

Caranya dengan menghindari makanan yang berwarna mencolok, serta mengurangi konsumsi makanan yang terlalu kenyal serta perhatikan kebersihan dan pilih yang higienis. [nm/ted].

Bagikan ini

Baca Juga

Komentar