Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional 15 April dari Pukul 06.00 hingga 15.00 WIB - inews

 

Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional 15 April dari Pukul 06.00 hingga 15.00 WIB

Agus Warsudi
Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional 15 April dari Pukul 06.00 hingga 15.00 WIB
Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo memberikan keterangan terkait Tol Cisumdawu yang dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023. (FOTO: iNews.id/AGUS WARSUDI)

BANDUNG, iNews.id - Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dibuka fungsional untuk arus mudik dan April Lebaran 2023, mulai 15 April. Tol ini hanya difungsikan dari pukul 06.00 hingga 15.00 WIB. 

ShopeeShopee
Voucher Spesial iNews
BIG RAMADAN SALE
Promo terbesar Se-Indonesia. Diskon 50%, THR Kaget 15 Milyar, Flash Sale Akbar Rp.1. Gratis Ongkir Super DAHSYAT dan masih banyak promo lainnya.
LIHAT KODE
2CM
S & K
📅 31 May 2023

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes Pol Wibowo mengatakan, Tol Cisumdawu membentang sepanjang 62,60 kilometer yang merupakan bagian dari jalan Tol Trans Jawa.

Baca Juga

Tol ini menghubungkan dua kota besar di Jawa Barat, yaitu, Kota Bandung ke arah Cirebon, melintasi wilayah Kabupaten Bandung, Sumedang, dan Majalengka. 

"Tol Cisumdawu akan tersambung dengan jalan Tol Cipali di km 152," kata Dirlantas Polda Jabar di Mapolda Jabar pada Rabu (12/4/2023).

Baca Juga

Kombes Pol Wibowo menyatakan, Tol Cisumdawu dibuka untuk menampung pemudik yang mengarah ke utara dari kilometer (km) 186 hingga km 216. Namun yang difungsikan hanya lajur A. 

Baca Juga

Penggunaan Tol Cisumdawu pun dibatasi hanya dari pukul 06.00 hingga 15.00 WIB. Kebijakan ini diberlakukan karena pada malam hari, Tol Cisumdawu kerap diselimuti kabut, penerangan belum seluruhnya terpasang, dan tidak ada rest area sehingga sangat berbahaya untuk dilalui. 

"Jadi kebijakan ini untuk keselamatan masyarakat juga. Kami inginnya sampai 24 jam, tapi infrastruktur belum memungkinkan," ujar Kombes Pol Wibowo.

Baca Juga

Gerbang tol (GT) yang dilalui di Tol Cisumdawu antara lain, GT Jatinangor Km 161, GT Pamulihan Km 163, GT Sumedang 183, GT Cimalaka 186, GT Paseh 195, dan GT Ujung Jaya km 212.

"Yang difungsikan untuk mudik, kilometer 186 (GT Cimalaka) hingga kilometer 216 (GT Ujung Jaya Utama)," tutur Dirlantas Polda Jabar 

Baca Juga

Dari km 186 hingga 216, kata Kombes Pol Wibowo, akan diberlakukan sistem satu arah arah atau one way di lajur A hingga km 216. Sementara itu, jalur B belum akan difungsikan mudik karena kondisi fisik jalan belum memadai.

"Jadi pemudik dari arah Bandung, bisa dua arah sampai Cimalaka. Dari Cimalaka dia sudah mulai menggunakan jalur A, one way ke arah Cipali," ucap Kombes Pol Wibowo.

Di sepanjang jalan Tol Cisumdawu, ujar Dirlantas Polda Jabar, didirikan pos pelayanan dan pos terpadu. Pos terpadu berada di Km 195. Di sini juga ada rest area sementara yang menyediakan toilet portable, SPBU mini, dan penyedia kebutuhan lainnya.

Selain itu ada juga petugas menggunakan motor yang siap mengisi bahan bakar ke pemudik yang membutuhkan. 

Saat terjadi kepadatan, kendaraan akan dialihkan ke GT Sumedang. Sebab jika diarahkan ke GT Cimalaka, jalannya sempit sehingga dikhawatirkan justru menimbulkan masalah baru.

Karena jalan tol ini bisa memangkas waktu perjalanan masyasrakat dari Bandung menuju daerah pantura (pantai utara), kepolisian menyiapkan skema jika terjadi kepadatan di ujung Tol Cisumdawu yang mengarah ke Cipali.

"Ketika ada kepadatan di GT Ujung Jaya Utama, kendaraan bakal dikeluarkan di GT Tol Ujung Jaya 212," ujar dia.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Baca Juga

Komentar