Tol Cisumdawu Persingkat Waktu Tempuh Pemudik dari Bandung ke Semarang - inews

 

Tol Cisumdawu Persingkat Waktu Tempuh Pemudik dari Bandung ke Semarang

Tol Cisumdawu Persingkat Waktu Tempuh Pemudik dari Bandung ke Semarang
Tol Cisumdawu persingkat waktu tempuh pemudik dari Bandung ke Semarang. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan membuka sejumlah ruas jalan tol baru untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023. Ruas yang dibuka, berupa jalan tol yang sudah jadi dan siap beroperasi, maupun yang sudah hampir jadi namun dioperasikan secara fungsional untuk mendistribusikan kendaraan.

Salah satunya jalan tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) sepanjang 87 kilometer (km). Jalan tol ini sebelummya sudah beroperasi secara komersil untuk seksi 1, 2, dan 3, sedangkan seksi 4, 5, dan 6 akan dibuka fungsional pada mudik Lebaran kali ini.

Baca Juga

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono mengatakan, dengan dioperasikannya tol Cisumdawu secara penuh, pemudik dari Bandung yang ingin ke Semarang tidak perlu lagi melalui Cikampek, sehingga diharapkan kendaraan bisa terdistribusi ke jalan tol Cisumdawu.

"Tol Cisumdawu akan mempersingkat waktu tempuh dari Cileunyi sampai Dawuan, sehingga orang dari Bandung mau ke Semarang tidak perlu ke Cikampek, tapi bisa langsung melalui Dawuan," kata dia dalam keterangannya, dikutip Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Sementara pemudik dari arah Selatan yang mau ke Utara Jawa Barat tidak perlu melalui Cikampek, sehingga sangat membantu untuk mengurai kemacetan.

Saat ini tengah dilakukan penanganan pada titik longsor di Seksi 5 Tol Cisumdawu, sehingga akan dibuka 2 lajur dan diberlakukan pengaturan lalu lintas oleh Korlantas Polri. Ditargetkan penanganan longsor selesai 15 April 2023 dan siap untuk dioperasikan.

Baca Juga

Sebagai informasi, tol Cisumdawu yang saat ini sudah beroperasi secara komersil adalah Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 Km) sejak Januari 2022 serta Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17,05 Km) dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 Km). Sedangkan ruas yang akan dibuka fungsional alias gratis adalah Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,065 Km).

"Fungsional gratis semua, Cisumdawu gratis, Japek II Selatan gratis, semua (tol fungsional) gratis. Itu akan (dibuka) terus, tergantung pak polisi (diskresi)," ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Baca Juga

Komentar