Viral Pria Pasang QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid Blok M, Polisi Selidiki Pelaku - Beritasatu

 

Viral Pria Pasang QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid Blok M, Polisi Selidiki Pelaku

Senin, 10 April 2023 | 12:28 WIB
Roy Adriansyah / RZL
Ilustrasi QRIS.
Ilustrasi QRIS. (Antara)

Jakarta, Beritasatu.com - Viral di media sosial seorang pria diduga memasang stiker pembayaran daring kode batang QRIS palsu di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan untuk dialihkan ke rekening pribadinya. Kasus ini tengah diselidiki kepolisian.

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nurul Iman Blok M Square mengaku telah melaporkan kejadian ini ke kepolisian.

"Iya, selanjutnya akan kita tindaklanjuti. Hari ini kami sudah melibatkan pihak kepolisian," kata Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nurul Iman Blok M Square, Habibi Katin ketika,Senin (10/4/2023).

Advertisement

Menurut Habibi, kejadian ini terjadi pada Kamis (6/4/2023) pagi sekitar pukul 10.30 WIB. Pelaku diduga langsung menempelkan stiker QRIS Palsu pada saat masjid belum buka.

Dalam video yang beredar, pelaku yang diduga berinisial IML, terekam CCTV mendekati kotak amal lalu menempelkan stiker QR ke kotak amal. Menurut Habibi, pelaku juga menempelkan stiker QRIS Palsu itu di tiang hingga dinding masjid.

QRIS palsu tersebut tertulis “Restorasi Masjid”, diduga untuk mengelabui orang-orang yang ingin berinfak pada masjid. Habibi menegaskan QRIS palsu itu bukan dari masjid. Setelah dipastikan, pihaknya langsung melepas stiker dan mengecek CCTV.

"Kita lihat ada keanehan saja, biasanya di kotak-kotak infak itu tidak ada stiker QRIS, apalagi kotak bagian luar. Ini malah ada stiker asing," kata Habibi.

Dirinya menegaskan, bagi jamaah yang ingin menyalurkan infaq untuk dakwah sunnah ataupun kegiatan masjid, bisa melalui kontak-kontak infaq tersedia di area masjid atau nomor rekening yang tertera yakni BSI 7100243487 atas nama Masjid Nurul Iman Blok M Square.

"Jika ada, di antara jamaah yang mendapati barcode, nomor rekening atas nama Masjid Nurul Iman Blok M Square mohon terlebih dahulu dikonfirmasi dengan menghubungi Sekretariat +62 838-7444-2121," ucap Habibi.

Sementara itu, dihubungi dalam kesempatan terpisah Kapolsek Kebayoran Baru Kompol Tribuana Roseno mengaku telah memeriksa tempat kejadian perkara (TKP).

"Kami sudah cek TKP dan kamera pengawas (CCTV)," kata Kapolsek Kompol Tribuana, Senin (10/4/2023).

Seno menjelaskan kejadian ini merupakan pertama kalinya di kawasan Blok M. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak masjid untuk penyelidikan lebih lanjut.

Pelaku juga diduga pernah melakukan aksi serupa di Kalibata City. Hal ini dikonfirmasi oleh Kapolsek Pancoran Kompol Panji Ali Candra.

"Infonya juga pernah melakukan di Kalibata City. Sementara kami menghubungi pihak Kalibata City apakah pernah ada kejadian serupa," kata Kompol Panji ketika dihubungi terpisah.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan
Terpopuler Text

Baca Juga

Komentar