Wow, Sulut Ternyata Provinsi Penghasil Ikan Tuna Terbesar di Indonesia - inews

 

Wow, Sulut Ternyata Provinsi Penghasil Ikan Tuna Terbesar di Indonesia

5-6 minutesWow, Sulut Ternyata Provinsi Penghasil Ikan Tuna Terbesar di Indonesia Sulut menjadi provinsi penghasil ikan tuna terbesar di Indonesia. (ANTARA/Hoka)

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat dunia memperingati Hari Tuna Sedunia setiap tanggal 2 Mei. Nah, ternyata berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, Sulawesi Utara (Sulut) menjadi provinsi pertama penghasil ikan tuna terbesar di Indonesia.

Shopee

BIG RAMADAN SALE

Promo terbesar Se-Indonesia. Diskon 50%, THR Kaget 15 Milyar, Flash Sale Akbar Rp.1. Gratis Ongkir Super DAHSYAT dan masih banyak promo lainnya.

LIHAT
KODE JFC

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Bukan tanpa alasan, daerah Nyiur Melambai memang sudah lama terkenal sebagai provinsi penghasil tuna terbanyak dengan kualitas mumpuni di Indonesia. Bahkan Sulut mampu menghasilkan 56.206 ton ikan tuna sepanjang tahun tersebut, tertinggi se-Indonesia.

Baca Juga

Sementara pada urutan kedua dan ketiga penghasil tuna terbesar yakni wilayah Kepulauan Maluku, yakni Provins Maluku dan Maluku Utara.

Maluku Utara yang juga terkenal dengan produksi tunanya yang melimpah. Pada tahun 2021, Maluku Utara menghasilkan setidaknya 54.638 ton ikan tuna.

Baca Juga

Mengutip informasi di laman Stasiun KIPM Ternate, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) Maluku Utara melakukan ekspor tuna loin beku ke Thailand sebanyak 24 ton pada November 2022.

Kegiatan yang dilakukan di pelabuhan perikanan Nusantara Bastiong, Ternate itu dihadiri oleh pihak-pihak penting seperti Wakil Gubernur Maluku Utara, Ketua Apindo (asosiasi pengusaha Indonesia), Kepala SKIPM Ternate, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai dan Kepala PPN Ternate.

Baca Juga

Kemudian urutan ketiga Provinsi Maluku yang tercatat sebagai produsen tuna terbesar di Tanah Air. Sepanjang tahun 2021, jumlah tuna yang dihasilkan Maluku mencapai angka 51.256 ton.

Baca Juga

Sama seperti provinsi lainnya, Maluku turut mengirim tuna ke negara lain atau ekspor. Pengiriman tuna dilakukan melalui Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon dengan nilai devisa hingga USD219.016,16.

Meskipun produksi tunanya melimpah, namun masih ada wilayah di Maluku yang belum memanfaatkan potensi tuna secara maksimal. KKP menyebut, wilayah itu adalah Morotai dan daerah di sekitarnya seperti Laut Halmahera Tengah, Halmahera Utara, dan Halmahera Timur. Padahal, potensi tuna di wilayah tersebut akan sangat menjanjikan apabila mendapat dukungan maksimal.

Baca Juga

Bicara tentang tuna, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil ikan tuna terbesar di dunia. Pada tahun 2021, produksi tuna dalam negeri mencapai 359.143 ton dengan nilai ekspor USD325,4 juta.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Baca Juga

Komentar