Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

9 Pakaian Adat Sumatera Utara, Nomor 5 Tampil Sempurna dengan Gelang Seberat 100 Kg - inews

 

9 Pakaian Adat Sumatera Utara, Nomor 5 Tampil Sempurna dengan Gelang Seberat 100 Kg

sumut.inews.id
May 28, 2023

MEDAN, iNews.id - Pakaian adat Sumatera Utara (Sumut) akan dibahas dalam artikel ini. Beberapa baju adat ini bahkan sering dikenakan sejumlah artis saat resepsi pernikahan.

Sumut menjadi daerah yang paling banyak ditinggi Suku Batak. Namun, ada juga suku naik yang populasi tak kalah dengan Batak seperti Karo, Mandailing Natal, Nias hingga Pakpak.

Banyaknya suku ini tentu menciptakan sebuah budaya yang berbeda-beda. Sehingga tak heran, beberapa pakaian adat mereka pun berbeda.

Tak jarang juga banyak kalangan artis dari Suku Batak dan Mandailing Natal yang memakai baju adat untuk acara pernikahan mereka. Penasaran baju adat apa saja? berikut ulasannya.

Pakaian Adat Sumatera Utara

1. Pakaian Adat Suku Karo

Pakaian Adat Sumatera Utara Suku Karo
Pakaian Adat Sumatera Utara Suku Karo

Suku ini memiliki kain khas yang disebut uis. Bahan membuat kain ini biasanya dipintal dari kapas. Ciri khas dari uis yang yakni warna dasarnya yang merah.

Biasanya warnanya akan dipadukan dengan benang warna emas dan perak.

2. Pakaian Adat Batak Toba

Pakaian Adat Sumatera Utara, Suku Batak Toba
Pakaian Adat Sumatera Utara, Suku Batak Toba

Kehadiran Suku Batak Toba pasti tidak asing lagi di telinga Anda. Suku kini dahulunya banyak tinggal kawasan Danau Toba.

Suku ini memiliki pakaian adat khusus dari kain yang ditenun. Kain tersebut dikenal dengan nama ulos. Kain ini biasanya dibuat secara tradisonal dengan peralatan tenun. Uniknya kain ini buat dari benang sutra. Ciri khas dari ulos Batak Toba yakni perpaduan warga merah, hitam, emas dan putih.

3. Pakaian Adat Suku Mandailing

Pakaian Adat Sumatera Utara Mandailing Natal
Pakaian Adat Sumatera Utara Mandailing Natal

Pakaian adat Sumatera Utara yang satu ini sering dipakai dalam acara sejumlah artis. Salah satunya Raditya Dika dengan Annisa Aziza yang menggukana baju adat ini untuk prewedding.

Hampir sama dengan Suku Batak Toba, suku ini juga memakai ulos. Namun, ada akresoris tambahan untuk penganti wanita yakni perhiasan yang dipakai di kepala yang disebut bulang. Mirip dengan mahkota, tapi ada bagian yang menjuntai hingga kening.

Sementara untuk mempelai pria penutup kepalanya disebut Ampu. Warna ampu identik dengan hitam ditambahan hiasan emas.

4. Pakaian Adat Suku Pakpak

Warga dari suku ini banyak ditemui di Pakpak Barat dan Dairi. Suku Pakpak memiliki kain khas dengan nama oles. Untuk pakaian wanitanya disebut cimata dan pria bernama borgot.
Adapun aksesoris yang dipakai untuk tampil sempurna yakni kalus dari bahan emas dan batu permata. Baju adat suku Sumatera Utara ini dominan dengan warna hitam.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsSumut di Google News

5. Pakaian Adat Suku Nias

Pakaian Adat Sumatera Utara Suku Nias
Pakaian Adat Sumatera Utara Suku Nias

Suku ini tidak mengusung warna merah sebagai ciri khas dalam baju adat mereka. Suku Nias lebih banyak menggunakan warga kuning emas. Baju adat perempuannya disebut oroba si oli.

Kain baju ini terbuat dari kulit kayu atau blacu warna hitam. Tampilannya, sang wanita akan dilengkapi dengan aksesoris gelang kuningan yang disebut aja kola. Gelang ini beratnya mencapai 100 kg.

6. Pakaian Adat Suku Batak Simalungun

Baju adat Suku Batak Sumalungun menggunaan kain hiou. Corak dari kain ini lebih banyak warna. Namun, warna yang lebih banyak dipakai biasanya bernuansa gelap.

Meski mirip dengan pakaian adat Batak Toba, baju adat suku ini memiliki perbedaan di bagian perlengkapan yang disebut suri-suri.

7. Pakaian Adat Suku Batak Sibolga

Baju adat suku ini terbilang sederhana. Warna bahan yang dipakai yakni gelap. Baju adat ini juga dilengkapi dengan mahkota, penutup kepala hingga kalung.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsSumut di Google News

8. Pakaian Adat Suku Batak Angkola

Diketahui jika Angkola sebenarnya bagian dari suku Batak. Sehingga pakaian adatnya masih berbahan dasar kain ulos. Baju adat suku ini lebih mirip dengan Suku Mandailing Natal.

Perbedaan terlihat pada warna merah dan selendang yang diselempangkan di bagian badannya baju wanita.

9. Pakaian Adat Suku Melayu

Suku Melayu juga tercatat sebagai salah satu penduduk yang banyak menempati Sumatera Utara. Suku ini banyak ditemukan di Medan, Deliserdang dan Tebingtinggi.

Sama dengan baju adat Melayu pada umumnya. Baju kurung dari kain brokat atau kain sutra untuk perempuannnya. Biasanya sebagai penghias ada peniti bahan emas menghiasi tampilan baju mereka. Sementara laki-lakinya memakai penutup kepala yang disebut tengkulok.

Itulah pakaian adat Sumatera Utara. Semoga informasinya bermanfaan.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek