Data Pribadi Warga KBB Dicatut lalu Dipakai Penipuan Jastip Tiket Coldplay - inews

 

Data Pribadi Warga KBB Dicatut lalu Dipakai Penipuan Jastip Tiket Coldplay

5-6 minutesData Pribadi Warga KBB Dicatut lalu Dipakai Penipuan Jastip Tiket Coldplay Pencatutan nama warga KBB dijadikan modus penipuan jasa titip (jastip) tiket konser Coldplay. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Salah seorang warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) namanya dicatut sindikat penipuan jasa titip (jastip) tiket konser Coldplay. Tak tanggung-tanggung, identitasnya digunakan dalam akun media sosial dan kontak WhatsApp yang menawarkan jastip tiket Coldplay yang akan manggung di Jakarta pada 15 November 2023. 

Shopee

SHOPEE BRAND FESTIVAL

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

LIHAT
KODE YSX

S&K ðŸ“… 31 May 2023

Korban adalah Aliya Fisahwa (19), warga Kampung Cisarua, RT 01/22 Desa Bojong, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Diduga kuat dia telah menjadi korban pencurian data pribadi, karena identitasnya juga dipakai untuk membuka rekening dan menampung pembayaran uang muka jastip tiket coldplay.

Baca Juga

Sering Kesulitan Dapat BBM, Nelayan Cipatujah Tasikmalaya Berharap Ada SPBN

"Identitas saya ada yang memakai (dicuri) lalu dipakai untuk itu. Ini sudah saya laporkan ke polisi," ucapnya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (23/5/2023).

Sementara itu, Kapolsek Gununghalu, Polres Cimahi, AKP Wasiman mengungkapkan, praktik pencurian data pribadi ini terbongkar ketika korban Aliya mendapat kabar dari seorang pemesan tiket Coldplay. Yakni atas nama Resky Vebrianti Utami (Eky), sekitar pukul 10.25 WIB, Minggu (21/5/2023).

Baca Juga

Lahan Pemprov Jabar untuk SMAN 2 Garut Diserobot, Digunakan Kepentingan Pribadi

Dia merupakan korban tindak penipuan tiket. Pasalnya, dia telah memesan 4 tiket Coldplay kategori festival dengan uang muka sebesar Rp10 juta yang ditransfer melalui rekening BRI atas nama Aliya Fisahwa. Sementara Aliya tidak pernah membuka rekening di BRI atau menawarkan pemesanan tiket Coldplay. 

"Diduga kuat identitas korban (Aliya) dipakai oleh para pelaku kejahatan pencurian data untuk melakukan penipuan tiket," ujarnya. 

Baca Juga

Viral Ratusan Warga Garut Gotong-Royong Bawa Pipa demi Air Bersih

Pihaknya sudah menerima laporan dari korban. Hasil pemeriksaan, Aliya merupakan ibu rumah tangga di Kampung Cisarua, Rongga KBB, yang tidak tahu menahu terkait penjualan tiket konser Coldplay di Jakarta. Untuk itu pihaknya masih mendalami modus sindikat penipuan tiket ini dengan mencuri data pribadi seseorang. 

"Kasus ini sedang kami selidiki dan kepada korban diminta agar segera melakukan pemblokiran rekeningnya," ujarnya. 

Seperti diketahui kasus penipuan jastip untuk tiket konser grup band asal Inggris Coldplay menjadi perhatian publik. Pasalnya banyak konsumen yang telah mentransfer uang belasan hingga puluhan juta tapi tiket tidak dapat. Petugas kepolisian sudah bergerak menindaklanjuti kasus ini dan dikabarkan telah menangkap dua pelaku ABF (laki-laki) dan W (perempuan) di Yogyakarta. 

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Baca Juga

Komentar