IPB Buka Pendaftaran Program Doktor Biokimia di IPB Tahun Ini, Berikut Jadwalnya By Biokimia inews.id

 

IPB Buka Pendaftaran Program Doktor Biokimia di IPB Tahun Ini, Berikut Jadwalnya

By Biokimia
inews.id
May 15, 2023
IPB Buka Prodi Doktor Biokimia
IPB Buka Prodi Doktor Biokimia

JAKARTA, iNews.id - Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi membuka pendaftaran program Doktor (BIK) di tahun ini. Rencananya, pendaftaran dibuka melalui jalur reguler dan by research dari tanggal 2 Mei hingga 16 Juli 2023.

Program ini merupakan prodi di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Rektor IPB university nomor 141 tahun 2023.

Menurut Ketua Prodi BIK, Prof Hasim, pembentukan program doktoral BIK adalah untuk memberikan akses pendidikan dalam bidang doktor biokimia dan biologi molekuler.

“Saat ini belum ada perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang menyelenggarakan Program Doktor BIK. Oleh karena itu, hal ini dapat meningkatkan citra IPB University sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terdepan dalam pembukaan program doktor keilmuan biokimia,” tutur dia dikutip dari laman resmi IPB, Senin (15/5/2023).

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Selain itu, kata Hasim, pembukaan prodi ini untuk meningkatkan kinerja SDM yang ahli di bidang biokimia. Kemudian, menginisiasi jejaring dan kerja sama dengan berbagai institusi lokal, nasional dan regional hingga internasional dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian.

“Pembeda dengan prodi doktoral lainnya adalah terkait dengan kedalaman pemahaman ilmu atau pengetahuan biokimia dan biologi molekuler dalam menjawab tantangan dalam bidang kesehatan, bioindustri, bioenergi, pertanian, lingkungan dan teknologi futuristik biomimetik,” kata dia.

Sementara itu, laboratorium biokimia di IPB sangat lengkap. Kemudian, ada juga Advanced Research Laboratory yang bisa menunjang penelitian-penelitian semua mahasiswa.

“Kami juga berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Pertanian dan memanfaatkan laboratorium-laboratorium yang ada di Bogor sebagai kota riset di Indonesia terutama riset-riset di bidang pertanian,” ucap dia.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar