Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Kampung Unik di Danau Toba, Singgah ke Desa Kecil yang Mirip Brasil, Rumah Bersusun Vertikal - inewa

 

Kampung Unik di Danau Toba, Singgah ke Desa Kecil yang Mirip Brasil, Rumah Bersusun Vertikal

5-6 minutes

Kampung Unik di Danau Toba, Singgah ke Desa Kecil yang Mirip Brasil, Rumah Bersusun Vertikal  Mengintip kampung unik di Danau Toba (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Kampung unik di Danau Toba selalu menarik untuk dijelajahi. Terutama jika singgah ke salah satu desa yang terletak Simalungun, dijamin Anda akan betah untuk berlama-lama di sana. 

Shopee

SHOPEE BRAND FESTIVAL

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

LIHAT
KODE YSX

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Ya, kreativitas masyarakat untuk menciptakan suatu hal-hal menarik, memang patut diapresiasi. Tak hanya Kampung Jodipan di Malang, ada juga kampung dengan konsep yang serupa di Tigahirit, Simalungun Sumatera Utara.

Baca Juga

Kampung Unik di Kerinci, Singgah ke Desa yang Dulunya Rawa Kini Jadi Tempat Wisata Populer 

Menariknya lagi, Kampung Warna-warni Tigahirit masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Sesuai dengan namanya, konsep bangunan di sepanjang tepian Danau Toba ini dicat dengan warna yang beragam dan rumahnya tersusun secara vertikal mirip permukiman bersusun ala Brasil.

Kampung Tigahirit terletak pada ketinggian 905 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Jaraknya dari Bandara Internasional Kualanamu kira-kira 158 kilometer. Posisinya yang ada di lereng bukit, menjadikan Desa Tigarihit sebagai spot berburu sunset, dengan latar belakang luasnya bentangan Danau Toba.

Baca Juga

Kampung Unik di Sumatera Barat, Singgah ke Desa Terindah di Dunia, seperti Ini Suasananya!

Penasaran dengan keindahan yang tersembunyi di Desa Tigarihit Simalungun? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (31/3/2023).

Kampung unik di Danau Toba Desa Tigarihit

Desa Tigarihit menyuguhkan panorama alam Danau Toba, kuliner khas Parapat, dan juga joging trip yang tentunya sangat seru untuk diikuti. Para pengunjung dari luar daerah, bahkan bisa merasakan pengalaman tinggal lebih dekat dengan masyarakat lokal dengan bermalam di homestay yang telah tersedia.

Baca Juga

Kampung Unik di Bali yang Dihuni Warga Rusia, seperti Ini Suasananya! 

Anda juga bisa menyaksikan wisata budaya, dengan menyaksikan salah satu tarian tradisional masyrakat Sumatera yaitu, tari tor-tor atau wisata budaya martonun, melihat proses menghasilkan kain tenun khas masyrakat Simalungun yang disebut dengan ‘hiou’.

Asal Kata Tigahirit

Nama kampung Tigarihit terdiri dari dua kata, yakni “tiga” yang berarti pekan atau pasar dan “rihit” yang artinya pasir. Tigarihit dapat diartikan sebagai pekan yang berada di kawasan berpasir (pantai Danau Toba) dan dikunjungi banyak orang. Adapun penduduk pertama yang bermukim di desa ini bermarga Sinaga. Seiring berjalannya waktu, orang-orang dari berbagai marga juga datang dan tinggal di desa ini.

Baca Juga

Tradisi Unik Ramadhan di Berbagai Negara, Ada Ritual Bernyanyi hingga Bersih-Bersih

Itulah seputar keindahan kampung unik di Danau Toba.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek