Pilihan

Kampung Unik di Kalimantan, Singgah ke Danau Ini Ada Seorang Petapa dan Ular Besar +- inews

 

Kampung Unik di Kalimantan, Singgah ke Danau Ini Ada Seorang Petapa dan Ular Besar

5-7 minutes

Kampung Unik di Kalimantan, Singgah ke Danau Ini Ada Seorang Petapa dan Ular Besar Menjelajahi kampung unik di Kalimantan (Foto: Instagram @hendriwlsss)

JAKARTA, iNews.id - Kampung unik di Kalimantan sangat menarik untuk dijelajahi. Kalimantan memiliki lahan hutan yang sangat luas, sehingga tak sulit untuk mencari tempat wisata alam yang menarik dan seru di sini.

Shopee

SHOPEE BRAND FESTIVAL

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

LIHAT
KODE YSX

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Salah satu wisata alam populer di Kalimantan Selatan (Kalsel) adalah Goa Batu Hapu, Danau Biru Pengaron, dan banyak lagi. Nah, tak kalah unik dari beberapa wisata populer ini, ada danau yang cukup menarik perhatian, karena cerita misteri dibaliknya, yaitu Danau Undan.

Baca Juga

Kampung Unik di Jawa Timur Singgah ke Desa Semen yang Diapit 2 Gunung, seperti Ini Pemandangannya!

Danau Undan merupakan danau yang terletak di Desa Talan Benua Lawas, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Konon di danau ini ada misteri seorang petapa dan ular besar. 

Danau Undan bisa juga disebut Amazon-nya Kalimantan Selatan. Di kawasan ini masih banyak terdapat binatang langka seperti orang utan, beruang, bakantan, ular besar serta berbagai jenis hewan langka lainnya.

Baca Juga

Kampung Unik di Malang, Singgah ke Desa yang Suasananya seperti Eropa, Semua Rumah Berwarna Putih 

Penasaran seperti apa keunikan Danau Undan ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (19/4/2023).

Kampung unik di Kalimantan di Danau Undan

Perlu diketahui Danau Undan sangat menarik untuk dijelajahi. Danau ini cocok dikunjungi bagi Anda yang suka dengan wisata petualangan. Sebab, danau ini identik dengan rimbunnya pepohonan di sekitar danau. Di sepanjang danau ditumbuhi berbagai tanaman dan sangat rimbun. Bahkan permukaan airnya, banyak yang tertutup dengan gugurnya dedaunan.

Baca Juga

5 Wisata Kampung Unik di Jawa Barat, Ada yang Tersembunyi di Lembah, Hidup Damai Tanpa Listrik!

Di lain sisi, danau ini menyimpan cerita misteri di masyarakat Benua Lawas, terutama tentang seorang petapa dan ular besarnya. Adapun cerita lainnya yaitu Danau Undan dihuni oleh buaya dan anakonda.

Selain kedua spesies tersebut, ada juga ikan-ikan yang tinggal di bawah aliran danau seperti ikan kapar, patung, karandang, haruan, kiyong, tauman, pipih, tapah. Menurut masyarakat lokal, Danau Undan ini terdiri dari Undan 1 sampai Undan 7. Danau ini akan saling terhubung ketika musim banjir atau banyu dalam. Namun, di samping itu, masyarakat sekitar juga percaya dan meyakini Danau Undan memiliki kekeramatan dan kekuatan gaib yang dapat mendatangkan keberuntungan. 

Baca Juga

Kampung Unik di Danau Toba yang Terapit Dua Bukit dan Sawah, Indah Mirip Lukisan Alam

Sebagian masyarakat Desa Talan juga menganggap Danau Undan itu ada penghuninya, yang mereka anggap nenek moyang yang dapat memberikan pertolongan serta memiliki apuah dan kekeramatan yang didatangkan dari kesaktian Pangeran Suryanata, sehingga hajat (nazar) yang diinginkan dapat terwujud. 

Bagi Anda yang penasaran ingin mengunjungi danau undan, salah satu tata krama yang perlu diketahui dan ingat adalah menjaga perilaku dan perkataan ketika berada di kawasan tersebut.

Itulah seputar kampung unik di Kalimantan yang memiliki Danau Undan misterius.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News


Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek