Pilihan

OJK: Jangan Pakai Pinjol Ilegal untuk Nonton Konser Coldplay - Tempo

 

OJK: Jangan Pakai Pinjol Ilegal untuk Nonton Konser Coldplay

Reporter

Jumat, 12 Mei 2023 06:45 WIB



Iklan

TEMPO.COJakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menanggapi soal kabar banyaknya anak muda yang menggunakan layanan pinjam online atau Pinjol untuk membeli tiket konser Coldplay. Lewat akun instagram resminya, OJK mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati dan mengenali ciri-ciri Pinjol ilegal supaya tidak meminjam uang dari mereka untuk nonton konser.

Iklan

"Jangan sampai gara-gara ingin nonton konser kamu terjebak Pinjol ilegal. Kenali ciri-ciri Pinjol ilegal, biar kamu ga nyesel setengah mati," tulis OJK, Kamis, 11 Mei 2023. 

Baca Juga:

OJK pun membeberkan ciri-ciri Pinjol ilegal. Ciri yang pertama adalah syarat yang mudah. Menurut OJK, Pinjol ilegal biasanya hanya menyarankan foto Kartu Tanda Penduduk atau KTP. 

Ciri lainnya, Pinjol ilegal tidak diketahui pemiliknya. Selain itu, tidak ada keterangan alamat kantor perusahaannya. Pinjol ilegal ini pun biasanya menawarkan layanannya melalui pesan singkat lewat SMS atau WhatsApp. 

Pinjol ilegal juga kerap memberikan bunga dan denda dengan nominal dan ketentuan yang tidak jelas. Ditambah, Pinjol ilegal tidak memiliki layanan pengaduan. 

Baca Juga:

Hal yang juga berbahaya, Pinjol ilegal biasanya meminta akses ke data pribadi. Sementara Pinjol ilegal ini tidak memiliki izin dari otoritas keuangan RI atau OJK. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan demikian OJK menyarankan agar masyarakat, khususnya anak muda, mengatur keuangan untuk mewujudkan keinginannya. Salah satunya, kata OJK, adalah dengan menabung dan investasi. 

"Anak muda juga bisa lho mengatur keuangan untuk wujudkan mimpi. Jangan nanti auto nyesel karena pakai Pinjol ilegal untuk nonton konser," tuturnya. 

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Berita Selanjutnya

  • 6 jam lalu

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Serba-serbi Tiket Konser Coldplay: Pajak, Jastip, hingga Ada yang Pakai Pinjol

2 jam lalu

Tiket konser Coldplay jadi sorotan. Mulai dari harga tiket yang tidak termasuk pajak, memanfaatkan pinjol hingga maraknya jastip di medsos.

Jastip Tiket Coldplay Bermunculan di Media Sosial, Promotor Mulai Beri Peringatan

5 jam lalu

Promotor konser Coldplay, PK Entertainment dan Third Eye Management (TEM) buka suara soal jasa titip (jastip) pembelian tiket yang banyak bermunculan.

Terpopuler Bisnis: Cerita Nasabah BSI Kesulitan Tarik Uang, KompasTV Digugat Youtuber Binaan KCIC

6 jam lalu

Berita terpopuler bisnis pada Kamis, 11 Mei 2023 dimulai dari cerita nasabah BSI kesulitan akibat gangguan aplikasi mbanking itu sejak Senin lalu.

Harga Tiket Coldplay di Rentang Rp 800 Ribu hingga Rp 11 Juta Belum Termasuk Pajak, Ini Penjelasan DJP

17 jam lalu

DJP Kementerian Keuangan buka suara soal pengenaan pajak dalam tiket konser Coldplay yang belakangan dikeluhkan oleh warganet.

Cara Beli Tiket Presale Konser Coldplay dengan BCA

22 jam lalu

Tiket konser Coldplay sudah bisa dibeli pada 17-18 Mei 2023 untuk Presale BCA. Berikut caranya.

Rekam Jejak Promotor yang Memboyong Coldplay ke Jakarta

22 jam lalu

Selain PK Entertainment, Third Eye Management (TEM) menjadi promotor yang berjasa membawa band Coldplay ke Jakarta. Simak rekam jejak dan profilnya.

Fakta-fakta Menarik Band Coldplay yang Perlu Diketahui

1 hari lalu

Band Coldplay akan konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 November 2023. Berikut sederet fakta menarik band asal Inggris itu.

Harga Resmi Tiket Konser Coldplay di Jakarta, Termahal Rp 11 Juta Belum Termasuk Pajak

1 hari lalu

Promotor konser Coldplay di Jakarta menyediakan dua kategori spesial, yaitu Ultimate Experience dan My Universe yang memiliki banyak benefit.

3 Lirik Lagu Hits Coldplay yang Sebaiknya Dihafal sebelum Nonton Konsernya

1 hari lalu

Setidaknya ada tiga lagu hits yang sering dibawakan Coldplay dalam setiap konsernya. Berikut tiga lirik lagu tersebut.

Daftar Lagu Coldplay Paling Populer dan Sering Dibawakan Saat Konser

1 hari lalu

Berikut ini daftar lagu-lagu Coldplay yang populer dan biasa dibawakan saat konser mereka. Dari lagu mellow hingga energik.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek