Pemuda di Banjarnegara Sukses Budi Daya Ikan Koi, Raup Cuan Rp10 Juta per Bulan - inews

 

Pemuda di Banjarnegara Sukses Budi Daya Ikan Koi, Raup Cuan Rp10 Juta per Bulan

4-5 minutesPemuda di Banjarnegara Sukses Budi Daya Ikan Koi, Raup Cuan Rp10 Juta per Bulan Reyda (21) pemuda asal Bawang, Banjarnegara sukses membudidayakan ikan koi dalam bak plastik. (Foto: iNews/Elis Novit)

BANJARNEGARA, iNews.id – Seorang pemuda di Kabupaten Banjarnegara sukses budi daya ikan koi dalam bak plastik. Setiap bulan, pemuda bernama Reyda itu meraup untung Rp8 juta hingga Rp10 juta. 

Shopee

SHOPEE BRAND FESTIVAL

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

LIHAT
KODE YSX

S&K ðŸ“… 31 May 2023

Reyda menuturkan, awalnya hanya hobi memelihara ikan koi. Namun, dia kemudian melihat peluang bisnis ikan koi yang ternyata cukup potensial.

Baca Juga

Petani Budi Daya Ikan Nila Merah Raup Cuan dengan Sistem Bioflok

“Dari situ kemudian saya coba melakukan budi daya ikan koi sendiri,” kata pemuda 21 tahun asal Desa Bawang, Banjarnegara, Jumat (26/5/2023).

Reyda mulai membudidayakan ikan koi di pekarangan belakang rumah orang tuanya. Berbekal bak plastik, Rey beternak ikan koi dengan sistem pembesaran dan indukan. 

Baca Juga

Kisah Mantan Pemain Timnas Indonesia, Sukses Banting Setir Jadi Pembudi Daya Ikan Air Tawar

Beragam koi yang dipelihara mulai dari jenis kohaku, showa dan sanke. Dari total 15 bak dan satu kolam hias display mini, Rey memelihara 1.000 ikan koi unggulan.

Reyda (21) pembudidaya ikan koi sedang memberikan pakan. (Foto: iNews/Elis Novit)
Reyda (21) pembudidaya ikan koi sedang memberikan pakan. (Foto: iNews/Elis Novit)

“Proses pemeliharaan ikan koi dalam bak plastik ini cukup mudah dan praktis. Hanya perlu menjaga kebersihan air dan sirkulasi oksigen dari blower airotor yang lancar,” katanya.

Terkait pemasaran, Rey mengaku menjalankan bisnisnya ini secara mamdiri. Pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. “Saya pakai WA (WhatsApp) untuk memasarkan ikan koi, kadang juga saya melelang ikan-ikan unggulan,” ucapnya. 

Menurut Rey, harga ikan koi yang dijual juga beragam dari yang termurah Rp200.000 hingga Rp15 juta untuk ikan koi unggulan.

Selain berjualan, Rey juga mengikutsertakan ikan koinya dalam beberapa lomba atau kontes hingga menyabet sederet piala.

Rey menambahkan, pembeli ikan koi datang dari sejumlah daerah. Dari hasil penjualan ikan koi, Rey mengaku mendapat omzet berkisar Rp8 juta hingga Rp10 juta per bulan.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Baca Juga

Komentar