Purwakarta Bersiap Imunisasi Polio Tahap Kedua Secara Massal, Sasar 79.658 Balita - inews

 

Purwakarta Bersiap Imunisasi Polio Tahap Kedua Secara Massal, Sasar 79.658 Balita

5-6 minutesPurwakarta Bersiap Imunisasi Polio Tahap Kedua Secara Massal, Sasar 79.658 Balita Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengerahkan seluruh tenaga kesehatananya untuk menggelar imunisasi polio secara massal. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id - Pemkab Purwakarta bersiap melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua yang akan digelar mulai 15 Mei 2023 besok. Puluhan ribu balita usia 0-59 tahun akan menjadi target untuk mendapatkan imunisasi polio.

Shopee

SHOPEE BRAND FESTIVAL

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

LIHAT
KODE YSX

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Ribuan pos kesehatan pelayanan imunisasi polio dan ratusan tenaga kesehatan telah disiagakan guna memastikan target itu terpenuhi.

Baca Juga

Siapa Pemilik Taman Safari Bogor, Ciptakan Kebun Binatang Berkelas Dunia

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika  menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta serta seluruh jajaran instansi terkait lainnya agar bekerja keras menyukseskan pelaksanaan imunisasi tahap kedua tersebut.

"Semua jajaran di bidang kesehatan sudah kita minta total menyukseskan imunisasi massal ini. Semua sarana dan fasilitas kesehatan sudah harus siap semua. Para camat, lurah dan kepala desa sudah saya minta untuk mengoordinasikan semua potensi di wilayahnya agar pelaksanaan imunisasi polio tahap kedua berjalan lancar dan sukses" kata Bupati Anne Ratna Mustika, Sabtu, (13/5/2023).

Baca Juga

Banjir Purabaya Sukabumi akibat Hujan Deras, 25 Rumah Terendam dan Jalan Lumpuh

Dia menjelaskan pelaksanaan Sub PIN Polio Jawa Barat Tahap II akan digelar mulai 15 Mei 2023. Target yang akan menjadi sasaran pemberian imunisasi adalah kategori anak berusia 0-59 bulan yang telah mendapatkan imunisasi tahap pertama, yakni 79.658 balita.

"Target jumlah balita yang akan kita imunisasi polio kedua sama dengan jumlah balita yang telah mendapatkan imunisasi tahap pertama. Namun, dalam pelaksanaannya nanti kita ingin bisa menjangkau sebanyak mungkin balita yang akan kita berikan imunisasi," kata dia.

Baca Juga

Nakhoda Hilang Tenggelam di Pantai Muara Kaso Sukabumi Ditemukan Meninggal


Berdasarkan Data Dinas Kesehatan Purwakarta, sebanyak 1.165 pos pelayanan imunisasi telah disiapkan. Sementara jumlah tenaga medis yang disiagakan mencapai 780 personel.

"Jumlah personel itu nantinya akan ditambah dari jajaran instansi terkait lainnya. Kita juga akan berkoordinasi dengan TNI-Polri, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh stakeholder lainnya agar pelaksanaan imunisasi polio tahap kedua berlangsung lancar dan sukses," kata Bupati Anne.

Bupati perempuan pertama Purwakarta itu juga telah memerintahkan para camat di seluruh wilayahnya untuk terus mendata dan memonitor ketat wilayahnya sehingga pelaksanaan imunisasi berjalan lancar dan sukses.

"Camat harus terus bergerak mendata dan memonitor secara ketat. Camat juga harus terus  berkoordinasi dengan semua pihak agar pelaksaan imunisasi sukses. Jangan sampai ada anak-anak kita yang tidak terdata. Semuanya harus dipersipakan secara matang." kata Anne.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta Deni Darmawan mengatakan, pihaknya telah menerima instruksi dan arahan dari Bupati Anne untuk mempersiapkan pelaksanaan imunisasi polio serentak tahap kedua secara matang.

"Ibu Bupati memberikan perhatian serius agar imunisasi tahap kedua berlangsung sukses. Beliau memberikan arahan agar semua jajaran Dinkes bekerja keras untuk memastikan semua balita yang telah mendapatkan imunisasi tahap pertama juga mendapatkan imunisasi kedua," ucapnya.

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Baca Juga

Komentar