Pilihan

Sandiaga Uno Dorong Kriya Kabupaten Toba Masuk Nominasi UNESCO Creative Cities Network - inews

 

Sandiaga Uno Dorong Kriya Kabupaten Toba Masuk Nominasi UNESCO Creative Cities Network

inews.id
February 27, 2023
Menparekraf, Sandiaga Uno
Menparekraf, Sandiaga Uno

TOBA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mendorong subsektor Kriya Kabupaten Toba, Sumatra Utara, masuk nominasi UNESCO Creative Cities Network.

Hal itu disampaikan Menparekraf saat menghadiri kegiatan Kelana Nusantara di Pizza Andaliman, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Minggu (26/2/2023).

“Kelana Nusantara kita hadirkan seiring dengan F1 Powerboat untuk memastikan subsektor kriya Kabupaten Toba bisa kita tingkatkan dan siapa tahu dengan usaha kita bersama, ini bisa masuk ke dalam nominasi UNESCO Creative Cities Network," ujar Sandiaga Uno, dalam keterangan yang diterima iNews.id, Senin (27/2/2023).

Menurut dia, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk aktivasi dari Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia. Sejak tahun 2021 Danau Toba sudah uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia dan subsektor kriya sebagai potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Toba.

Pada kesempatan itu, Sandiaga juga mendengarkan apa yang menjadi harapan dan dampak dari gelaran F1 Powerboat 2023 sehingga ke depannya event berkelas dunia ini semakin meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

“Target Presiden Jokowi tahun 2024 sebanyak 4,4 juta lapangan kerja baru bisa terwujud. Kami ingin UMKM sebagai pencipta 97 persen lapangan kerja kita, menciptakan produk-produk yang kreatif dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Sandiaga.

Sejalan dengan hal itu, Sihar Sitorus, anggota Komisi XI DPR RI, juga menambahkan pemerintah ingin pelaku ekonomi kreatif terus bertumbuh.

“Kita akan support sebanyak mungkin. Kita juga ada program, memang tidak sebanyak Kemenparekraf, namun kita ingin mencari potensi-potensi baru, ini kita dorong supaya menjadi inspirasi bagi lainnya," ungkap Sihar.

Kemenparekraf/Baparekraf juga sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Toba yang secara konsisten berupaya untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kolaborasi akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media (ABCGM).

Hal itu, dilakukan dengan terus menghadirkan gelaran yang mampu menarik minat wisatawan mancanegara maupun dalam negeri, serta merangkul pelaku ekonomi kreatif untuk terus bangkit bersama.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek