Pilihan

Selangkah Lagi Produk Kreatif Bantul Masuk Jejaring UNESCO - inews

 

Selangkah Lagi Produk Kreatif Bantul Masuk Jejaring UNESCO

yogya.inews.id
May 5, 2023
Pemkab Bantul terus mendorong agar produk industri kreatif daerah ini semakin dikenal dunia internasional..
Pemkab Bantul terus mendorong agar produk industri kreatif daerah ini semakin dikenal dunia internasional..

BANTUL, iNews.id - Pemkab Bantul terus mendorong agar berbagai produk industri kreatif daerah ini semakin dikenal dunia internasional. Salah satu yang dilakukan yakni melalui partisipasi Jejaring Kota Kreatif Dunia atau UNESCO Creative City Network (UCCN).

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengaku ingin produk-produk ekonomi kreatif di Bantul terutama industri kreatif craftnya bisa semakin dikenal dunia internasional. "Karenanya beberapa hari hingga saat ini kita terus berusaha bagaimana bisa menembus UCCN," kata Halim di Bantul, Jumat (5/5/2023).

Halim menyebut Bantul sudah mengajukan diri menjadi bagian dari Jejaring Kota Kreatif Dunia. Di Bantul, potensi industri kreatif maupun kerajinan tangan tumbuh dan berkembang pesat di masyarakat. Keinginan agar Bantul menjadi bagian dari Jejaring Kota Kreatif Dunia tinggal selangkah lagi.

"Alhamdulillah di level nasional, Bantul adalah salah satu nominator calon anggota UCCN pada 2023, dan menyisihkan banyak kabupaten/kota di Indonesia," ucapnya.

Pemkab Bantul meminta dukungan sekaligus partisipasi masyarakat utamanya pelaku industri kreatif, agar Bantul bisa menjadi anggota Jejaring Kota Kreatif Dunia.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

"Agar produk kreatif Bantul makin dikenal. Bukan untuk gagah gagahan, bukan untuk mengejar award, tetapi kita ingin produk Bantul semakin dikenal, apalagi kalau diakui oleh UNESCO, dan secara internasional Kabupaten Bantul ini sudah terkurasi oleh UNESCO sebagai daerah penghasil industri kreatif," kata Halim.

"Harapannya masyarakat internasional semakin berminat pada produk industri kreatif Bantul, dan pada akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat Bantul," tutur halim.

Dengan masuk ke dalam Jejaring Kota Kreatif Dunia, kata Halim, Bantul juga akan makin populer, sejajar dengan kota-kota kreatif lain di dunia. "Yang akhirnya akan memperluas pasar, serta produk industri kreatif Bantul juga lebih didengar publik internasional," ucapnya.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek