Pilihan

Tebing 12 Meter Longsor di Purwakarta, Hanya 1 Jalur Kereta Api yang Bisa Dilewati By BeritaSatu.com

 

Tebing 12 Meter Longsor di Purwakarta, Hanya 1 Jalur Kereta Api yang Bisa Dilewati

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 18, 2023
Para pegawai PT KAI membersihkan longsor yang menimbun rel kereta api di Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu 6 Mei 2023.
Para pegawai PT KAI membersihkan longsor yang menimbun rel kereta api di Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu 6 Mei 2023.

Purwakarta, Beritasatu.com – Tebing 12 meter longsor di Purwakarta, Jumat (5/5/2023). Dua jalur kereta api sempat tidak bisa digunakan. Namun, setelah dilakukan pembersihan hingga Sabtu (6/5/2023) dini hari, jalur kereta api sudah bisa dilewati meski hanya 1 jalur.

Kereta api dapat kembali melintas pada pukul 06.30 Sabtu pagi, dengan kecepatan 5 kilometer per jam. Satu jalur lainnya masih dalam proses pembersihan.

Sekitar pukul 06.30 WIB tadi, kereta api Argo Parahiyangan dapat melintas dari arah Bandung menuju Jakarta. Tak berselang lama, dari arah sebaliknya kereta juga kembali bisa melintas.

Namun, karena kondisi masih labil, kereta api hanya bisa melintas dengan kecepatan 5 kilometer per jam, saat melintasi titik longsor.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono menyatakan, upaya pembersihan saat ini masih dilakukan untuk jalur atau trek dari hilir. pembersihan diupayakan dilakukan secepatnya, untuk menormalkan 2 trek yang ada.

“Up date terbaru longsoran di petak jalan Ciganea Sukatani, pada pukul 4.55 semboyan tiga jalur hulu lintas sudah dicabut sehingga jalur hulu bisa dilalui. Sementara untuk jalur hilir kami masih upaya untuk melakukan pembersihan sehingga kedua jalur hulu dan hilir bisa dilintasi kereta api,” ujar Mahendro.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, selain melakukan pembersihan jalur rel yang terimbas longsor, saat ini, PT KAI juga lebih mengintensifkan pemantauan jalur kereta api, terutama yang melintasi perbukitan dan rawan longsor.

Longsor dari tebing setinggi 12 meter ini menutup 2 jalur kereta di Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta.

PT KAI sebelumnya telah melakukan rekayasa untuk dapat mengantarkan penumpang, dari Jakarta menju Bandung dan sebaliknya, dan sebelumnya akibat terjadinya longsor yang menimbun rel kereta api ini, ratusan penumpang tertahan di Stasiun Ciganea, Jatiluhur pada Jumat malam tadi.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek