Telaga Menjer, Destinasi Wisata Instagramable di Wonosobo By BeritaSatu

 

Telaga Menjer, Destinasi Wisata Instagramable di Wonosobo

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 19, 2023
Pengunjung menikmati keindahan wisata alam Telaga Menjer yang berada di Kecamatan Garung, Wonosobo.
Pengunjung menikmati keindahan wisata alam Telaga Menjer yang berada di Kecamatan Garung, Wonosobo.

Wonosobo, Beritasatu.com - Kabupaten Wonosobo memang salah satu kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) yang memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang indah.

Seperti wisata alam Telaga Menjer yang berada di Kecamatan Garung, Wonosobo. Destinasi wisata ini sempat viral di media sosial (Medsos) TikTok beberapa waktu lalu.

Selain dapat menikmati kesejukan udara khas pegunungan Dieng, pengunjung bisa bersantai serta dapat menaiki perahu yang berada di Telaga Menjer. Bahkan, pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan sunset atau matahari tenggelam.

Berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota Wonosobo, Telaga Menjer yang berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (dpl), tempat wisata ini banyak diserbu pengunjung dari berbagai daerah.

Pengunjung bisa masuk ke kawasan wisata ini dengan harga tiket cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000 per orang. Mereka juga bisa sekaligus menyewa kursi lipat seharga Rp 10.000 untuk duduk di tepi telaga sembari mengobrol dengan orang terdekat.

Wisata alam Telaga Menjer yang berada di Kecamatan Garung, Wonosobo.
Wisata alam Telaga Menjer yang berada di Kecamatan Garung, Wonosobo.

Lokasi wisata ini menjadi begitu menyenangkan, karena wisatawan bisa sejenak melupakan kesibukan sehari-hari serta merasakan keindahan panorama alam dan kesejukan udara pegunungan.

Pengunjung asal Wonosobo, Areta dan Zahra mengaku penasaran dengan keindahan Telaga Menjer. Meskipun asli Wonosobo, namun baru pertama kali datang ke Telaga Menjer.

Objek wisata ini dinilai tergolong spesial. Selain itu, suasana telaga sejuk dan menenangkan. Sehingga cocok untuk healing.

"Tempat ini recommended banget. Tiket masuk per orangnya juga murah. Bisa sewa kursi. Saya berharap agar para wisatawan menjaga kebersihan lingkungan. Tidak membuang sampah sembarangan. Semoga bisa menjadi tempat wisata yang mendatangkan rejeki orang-orang sekitar,” harapnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Atep Persada, Pengelola Telaga Menjer menjelaskan, Selain menikmati keindahan alam Telaga Menjer dari pinggir, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam dengan menaiki perahu dan mengabadikan foto dengan latar belakang landscape gugusan perbukitan yang mengelilingi telaga.

Wisatawan cukup membayar Rp 20.000 per orang. Kunjungan ke telaga ini biasanya ramai menjelang sore hari. Sebab, pengunjung menantikan momen matahari tenggelam dari tepi telaga.

Ratusan pengunjung menikmati keindahan wisata alam Telaga Menjer yang berada di Kecamatan Garung, Wonosobo.
Ratusan pengunjung menikmati keindahan wisata alam Telaga Menjer yang berada di Kecamatan Garung, Wonosobo.

"Pada waktu itu ada lomba video hari ulang tahun wonosobo, saat ini banyak orang ke sini, dan mendapatkan momen juga karena banyak tiktoker yang datang ke sini, Setelah momentum tersebut, Telaga Menjer kembali mendapat banyak pengunjung karena viral di tiktok. Sejak viral itu, wisatawan dari berbagai daerah banyak yang berdatangan meskipun baru dibuka pada akhir tahun 2022 lalu. Tercatat setiap harinya 1.000 pengunjung datang, bahkan pada musim liburan pengunjung mencapai 10.000 orang," pungkasnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar