Pilihan

Wisata Indonesia-Malaysia-Thailand Akan Dipromosikan Jadi Satu Paket By BeritaSatu.

 

Wisata Indonesia-Malaysia-Thailand Akan Dipromosikan Jadi Satu Paket

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 19, 2023
KTT ASEAN yang diselenggarakan ke 42 dan bertempat di Labuan Bajo ini dianggap potensial untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian daerah.
KTT ASEAN yang diselenggarakan ke 42 dan bertempat di Labuan Bajo ini dianggap potensial untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian daerah.

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia, Malaysia dan Thailand akan dipromosikan sebagai satu paket destinasi wisata. Kesepakatan tersebut diambil oleh pemimpin negara anggota ASEAN dalam pertemuan sub regional Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle Summit ke-15 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (11/5/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebelumnya mengungkapkan salah satu kesepakatan yang akan diambil di IMT GT Summit ke-15 adalah peluncuran kampanye IMT-GT Visit Year 2023-2025. Kampanye pariwisata ini bertujuan untuk mempromosikan Indonesia, Malaysia dan Thailand sebagai satu paket destinasi wisata, sehingga wisatawan yang berkunjung ke salah satu negara IMT diharapkan akan melanjutkan perjalanan ke negara anggota IMT lainnya.

"Mengingat situasi darurat pandemi sudah dicabut, kampanye ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemulihan pariwisata di kawasan, sekaligus mempromosikan Indonesia, Malaysia dan Thailand sebagai satu destinasi wisata," jelas Sandiaga dalam konferensi pers di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

Sandiaga mengungkapkan pembahasan kampanye IMT GT Visit sudah dilakukan sejak KTT ASEAN ke-41 atau pada IMT-GT Summit ke-14 di Phnom Penh, Cambodia pada 10 November 2022 lalu. Kampanye ini merupakan salah satu visi ASEAN di tahun 2036, yaitu membangun pariwisata berkelanjutan, bersaing, inklusif, dan lintas negara.

Sebagai ketua IMT GT Working Group di sektor pariwisata, kampanye ini juga akan memberikan penambahan wisatawan di Indonesia, khususnya di 10 provinsi di Sumatra. Hal ini disebabkan mobilisasi wisatawan yang akan berangkat dari Indonesia menuju Malaysia akan melewati jalur Sumatra.

"Ini merupakan peluang untuk Indonesia dalam mempromosikan dua destinasi wisata prioritas, yaitu Danau Toba di Sumatera Utara dan Tanjung Kelayang di Bangka Belitung. Kampanye ini juga akan mempromosikan destinasi lain yang belum banyak terekspos di wilayah Sumatera," ujar Sandiaga.

IMT GT Summit menjadi pertemuan kedua dalam rangkaian Hari Kedua Puncak KTT ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Dalam pertemuan yang akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, sejumlah kerja sama di sub region tiga negara tersebut akan dibahas, meliputi tiga pilar ASEAN yaitu politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek