Apakah ADHD Bisa Sembuh? Begini Penjelasan Psikolog - detik

 

Apakah ADHD Bisa Sembuh? Begini Penjelasan Psikolog

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 09 Jun 2023 11:10 WIB
Attention deficit hyperactivity disorder or ADHD with stethoscope and medication.
ilustrasi adhd (Foto: Getty Images/iStockphoto/Gam1983)
Jakarta -

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) belakangan ramai dibahas di media sosial. Secara singkat, kondisi ini diartikan sebagai gangguan atensi dan hiperaktivitas, membuat seseorang sulit untuk berfokus, berencana, hingga berperilaku impulsif. Lantas apakah ADHD bisa sembuh?

Menurut psikolog klinis Liza M Djaprie, ADHD bisa 'sembuh' dalam artian gejalanya terkendali dan terkelola dengan baik. Pasalnya, kondisi ini memengaruhi fungsi otak dan perilaku, sehingga seseorang dengan ADHD tak bisa sembuh secara total.

"Kadang-kadang ekspektasinya itu benar-benar harus sembuh, riset dari awal. Tapi permasalahannya ketika kita berbicara gangguan psikologis, berarti dari something in the brain. Kita menggambarkan otak, otak itu seperti gumpalan daging, dan banyak fungsi-fungsinya tuh, ada kabel yang mengurus memori, kabel menganalisa, dan lainnya," ucapnya dalam acara detikPagi, Jumat (9/6/2023).

"Katakanlah mengatakan ADHD, berarti ada gangguan kabel fokus yang terganggu. Nah kalau misalnya kabel listrik rumah terganggu, itu bisa kita ganti. Kalau otak nggak bisa diganti, jadi nggak ada juga tuh di otak namanya reset factory setting," imbuhnya lagi.

Baca juga:

Baca Juga

Komentar