Klarifikasi Menperin soal Pemindahan Pabrik Isuzu dari Thailand ke Indonesia - detik

 

Klarifikasi Menperin soal Pemindahan Pabrik Isuzu dari Thailand ke Indonesia

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Jumat, 09 Jun 2023 11:31 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Kemenperin klarifikasi pemindahan fasilitas produksi Isuzu dari Thailand ke Indonesia. Foto: Dok. Kemenperin
Jakarta -

Menteri Perindustrian atau Menperin RI, Agus Gumiwang Kartasasmita meluruskan pemberitaan media nasional soal rencana pemindahan fasilitas produksi Isuzu dari Thailand ke Indonesia. Agus menegaskan, ada miskomunikasi terkait pernyataan tersebut.

Agus mengklaim tak pernah mengatakan Isuzu mau memindahkan fasilitas pabrik secara keseluruhan dari Thailand ke Indonesia. Dia menyebut, pemindahan tersebut hanya menyasar produk UD Truck.

"Saya hanya menyampaikan, khusus produk UD Truck yang akan dipindahkan fasilitas produksinya dari Thailand ke Indonesia," ujar Agus Gumiwang saat ditemui di Gedung Kemenperin, Jumat (9/6).

Ekspor perdana Isuzu Traga baru saja diresmikan. Mobil ini dirakit di pabrik Isuzu Karawang Plant, Jawa Barat. Yuk lihat prosesnya.
Ilustrasi pabrik Isuzu. Foto: Rengga Sancaya

Dia memastikan, saat bertemu dengan perwakilan Isuzu di Jepang, pihaknya tak membahas sama sekali kemungkinan memindahkan fasilitas produksi secara utuh dari Thailand ke Indonesia. Mereka secara spesifik hanya membahas UD Truck.

"Kami tidak pernah ada pembicaraan dengan Isuzu di Jepang yang membahas pemindahan fasilitas produksi ke Indonesia. Yang ada UD Truck, itu salah satu merek yang memang diproduksi Isuzu," ungkapnya.

Meski hanya memindahkan fasilitas produksi UD Truck, namun menurutnya, pencapaian tersebut sudah luar biasa. Bahkan, dia mengklaim, pencapaian itu disambut bahagia sejumlah pihak terkait.

"Saya tidak tahu bagaimana akhirnya ada dinamika seolah-olah kesepakatan Menperin dan Isuzu di Jepang itu pemindahan fasilitas produksi. Yang ada merek UD Truck. Tapi saya rasa itu pencapaian luar biasa untuk kita," ungkapnya.

UD Truck Kuzer RKE 150
UD Truck Foto: Ruly Kurniawan/detikOto

Agus sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan bertemu dengan jajaran petinggi Isuzu pada Selasa (6/6). Pada kesempatan itu, mereka membahas pemindahan fasilitas produksi UD Trucks yang semula dimiliki Volvo dan kini diambil alih Isuzu.

"Pihak Isuzu menyampaikan akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang. Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik," tutur Agus melalui keterangan resminya.

Pernyataan tersebut kemudian mendapat respons dari Juru Bicara Isuzu. Menurut dia, pihaknya tak berniat memindahkan fasilitas produksi secara keseluruhan dari Thailand ke Indonesia.

"Sementara perusahaan kami terus fokus pada Indonesia sebagai pasar utama, tidak ada rencana untuk merelokasi pabrik Thailand ke Indonesia," kata Jubir Isuzu.





Simak Video "Alasan Pemerintah Berani Subsidi Mobil Listrik Sampai Rp 80 Juta"


(sfn/dry)

Baca Juga

Komentar