Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Gempa Bantul: Sejumlah Rumah di Kebumen dan Gunung Kidul Rusak By BeritaSatu.

 

Gempa Bantul: Sejumlah Rumah di Kebumen dan Gunung Kidul Rusak

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Ilustrasi gempa.
Ilustrasi gempa.

Jakarta, Beritasatu.com – Gempa di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah menyebabkan kerusakan pada sejumlah rumah di Kebumen, Jawa Tengah, dan Gunung Kidul, DIY, pada Jumat (30/6/2023) malam.

Gempa Bantul memiliki kekuatan magnitudo 6,4 dan terjadi pada pukul 19.57 WIB.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menjelaskan bahwa hingga pukul 20.40 WIB, dua rumah warga di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mengalami kerusakan ringan.

Selain itu, gempa Bantul juga menyebabkan pemutusan jaringan listrik di beberapa wilayah Kebumen akibat kerusakan.

Di wilayah DIY, satu rumah warga di Kabupaten Gunung Kidul mengalami kerusakan akibat gempa Bantul.

Pusdalops BNPB akan terus memantau dan berkoordinasi dengan beberapa BPBD di wilayah DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD di wilayah terdampak telah berada di lapangan untuk melakukan pendataan dan pemantauan.

BNPB menyebutkan bahwa guncangan yang kuat dirasakan oleh warga di Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan Gunung Kidul di DIY, sedangkan di Provinsi Jawa Tengah, guncangan tersebut dirasakan oleh warga di Kota Surakarta, Kabupaten Kebumen, dan Klaten.

Warga di Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, juga merasakan guncangan gempa dengan intensitas sedang hingga kuat selama 20 detik.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Gempa dengan magnitudo 6,4 ini berpusat di 86 km barat daya Bantul, DIY, dengan kedalaman 25 km berdasarkan parameter BMKG. Namun, BMKG menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan intensitas guncangan dengan skala MMI (Modified Mercalli Intensity), BMKG mencatat bahwa wilayah Kulon Progo, Nganjuk, Kebumen, dan Ponorogo mengalami guncangan pada tingkat IV MMI.

Sementara itu, Kediri mengalami guncangan pada tingkat III - IV MMI, dan Mojokerto pada tingkat III MMI. Tingkat MMI yang lebih tinggi menunjukkan dampak yang lebih besar, seperti guncangan yang dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, pecahnya gerabah, berderiknya jendela atau pintu, dan berbunyinya dinding.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek