Pilihan

Hutan Jati di Taman Nasional Baluran Situbondo Terbakar, Penyebab Kebakaran Didalami - inews

 

Hutan Jati di Taman Nasional Baluran Situbondo Terbakar, Penyebab Kebakaran Didalami - Bagian all

Jun. 12th, 2023



SITUBONDO, iNews.id - Hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim), terbakar pada Minggu (11/6/2023) malam. Api berhasil dipadamkan petugas sekitar satu jam kemudian.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Sruwi Hartanto, mengatakan kawasan hutan jati yang berlokasi di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih itu, terjadi sekitar pukul 20.30 WIB.

"Kebakaran hutan jati informasi yang kami terima terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, setelah mendapatkan informasi petugas dari BPBD langsung lokasi dan api berhasil dipadamkan pada pukul 21.40 WIB," kata Sruwi.

Dia menjelaskan, kebakaran hutan jati terjadi di Blok Pengarengan, RPTN Watunumpuk. Daun jati dan ranting serta semak yang mulai mengering pada musim kemarau tahun ini membuat api dengan cepat merambat.

"Alhamdulillah api sudah bisa dipadamkan. Kebakaran hutan ini berasal dari adanya daun jati kering, semak dan rumput yang mulai mengering karena tidak ada hujan," kata Sruwi.

Menurut dia, kebakaran hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran pertama kali diketahui dari informasi masyarakat. Selanjutnya BPBD bersama petugas pemadam kebakaran langsung menuju lokasi.

"Begitu mendapatkan informasi kebakaran, petugas Taman Nasional Baluran bersama pemadam kebakaran SPTN W II sampai di Blok Pengarengan sekitar pukul 21.45 WIB," ujarnya.

Proses pemadaman, lanjutnya, dilakukan secara manual menggunakan kepyok dan jet shooter, agar kebakaran tidak merembet ke area lainnya.

"Mengenai penyebab kebakaran hutan, hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti dan sedang didalami," ujar dia.


Editor : Rizky Agustian

Follow Berita iNewsJatim di Google News


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek