Pilihan

Karhutla di Cagar Biosfer Riau, 10 Hektare Lahan Terbakar - inews

 

Karhutla di Cagar Biosfer Riau, 10 Hektare Lahan Terbakar

By Halaman Selanjutnya
regional.inews.id
June 23, 2023
Petugas gabungan saat memadamkan karhutla di kawasan Cagar Biosfer Hutan Giam Siak Kecil, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau.
Petugas gabungan saat memadamkan karhutla di kawasan Cagar Biosfer Hutan Giam Siak Kecil, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau.

PEKANBARU, iNews.id - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di kawasan Cagar Biosfer Hutan Giam Siak Kecil, Kecamatan Pinggir, Kabupaten BengkalisRiau. Kobaran api menghanguskan sekitar 10 hektare lahan konservasi tersebut yang sudah terjadi dalam 4 hari terakhir.

Tim gabungan terus berupaya melakukan pemadaman dengan mengerahkan 25 personel Polres Bengkalis. Kemudian tim pemadam yang berasal dari TNI, BPBD, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Maggala Aqni dan para warga dengan total 100 personel.

"Perintah pimpinan kita Pak Kapolda Riau dan Pak Kapolres untuk segera melakukan penanganan Karhutla di Cagar Biosfer. Hari ini kebakaran sudah berhasil kita tangani secara bersama-sama," ujar Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP M Reza, Kamis (22/6/2023).

Menurutnya dalam pemadaman Cagar Biosfer Giam Siak Kecil yang merupakan kawasan konservasi, tim udara juga dikerahkan. Pemadaman dilakukan dengan melakukan water boombing (bom air).

"Untuk pemadaman ada satu unit helikopter yang diperbantukan melakukan pemadaman," katanya.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Berbagai ringan banyak dihadapi tim yakni angin yang selalu berubah arah. Kemudian kondisi lahan gambut yang mudah terbakar serta banyaknya hewan buas seperti harimau Sumatera.

"Lokasi cukup jauh, sekitar 6 jam ke lokasi. Tim juga harus memakai jalur air. Kami harus padamkan api dan bila sudah selesai dilakukan pendinginan," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek