Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Kebakaran Lahan Gambut di Nagan Raya Aceh Masih Belum Padam By BeritaSatu

 

Kebakaran Lahan Gambut di Nagan Raya Aceh Masih Belum Padam

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 12, 2023
Ilustrasi kebakaran lahan gambut.
Ilustrasi kebakaran lahan gambut.

Nagan Raya, Beritasatu.com - Lahan gambut seluas 21 hektare di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, terbakar. Kebakaran lahan gambut ini, diduga sengaja dilakukan oleh warga yang ingin membuka lahan pertanian baru.

Adapun lokasi terparah kebakaran lahan ini berada di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, dengan perkiraan lahan yang terbakar seluas 4 hektare.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Setiyawan Eko Prasetya mengatakan, petugas gabungan harus berjuang keras memadamkan kobaran api.

"Selain lahan yang kering dan disertai angin kencang, petugas juga kesulitan untuk memadamkan api lantaran tidak ada sumber air dan mobil pemadam kebakaran yang tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran lahan," kata AKBP Setyawan Eko Prasetya, Sabtu (24/6/2023).

Setiyawan Eko Prasetya mengatakan, kebakaran lahan dan hutan ini diduga sengaja dilakukan untuk membuka lahan pertanian baru.

"Saat ini, tim gabungan sedang mengumpulkan bukti dan memburu pelaku pembakaran lahan," jelasnya.

Setyawan Eko Prasetya menambahkan, selain menimbulkan asap tebal, kebakaran lahan gambut ini juga membahayakan objek vital nasional PLTU Nagan Raya yang berada dekat dengan lokasi lahan gambut yang terbakar.

"Mencegah kebakaran lahan semakin meluas, petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , TNI dan Polri terus bekerja keras untuk memadamkan api dengan dukungan mobil pemadam kebakaran," pungkasnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek