Kunjungan Kerja ke Indonesia, Kaisar Naruhito Akan Bertemu Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin - inews

 

Kunjungan Kerja ke Indonesia, Kaisar Naruhito Akan Bertemu Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin

inews.id
June 17, 2023
Kaisar Jepang Naruhito akan berkunjung ke Indonesia
Kaisar Jepang Naruhito akan berkunjung ke Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Kaisar Jepang, Naruhito, dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Pertemuan ini merupakan bagian dari kunjungan resmi Kaisar Jepang ke Indonesia yang berlangsung mulai tanggal 17 hingga 23 Juni 2023.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, menyatakan bahwa detail pembahasan dalam pertemuan tersebut belum diungkapkan. Ia menjelaskan bahwa pertemuan tersebut memiliki karakter simbolis.

"Kebiasaan Kaisar lebih menekankan pada hal-hal simbolis, hubungan persahabatan antarnegara, dan bagaimana membangun kedekatan," ujar Masduki, Sabtu (17/6/2023).

Sebagai informasi, kunjungan Kaisar Naruhito ke Indonesia ini merupakan kunjungan pertamanya. Selama tujuh hari, Kaisar dan Permaisuri Owada Masako akan mengunjungi beberapa lokasi di Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Yogyakarta.

Kaisar Naruhito diagendakan mengawali kunjungan kerja dengan mengecek Depo Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) dan Stasiun Pompa Waduk Pluit, Jakarta, Minggu (18/6/2023).

Pada hari berikutnya, Kaisar Naruhito akan menghadiri Upacara Penyambutan di Istana Bogor dan melakukan audiensi dengan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Di Istana Bogor, Kaisar akan menghadiri jamuan makan siang yang diselenggarakan oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, serta bertemu dengan orang-orang Indonesia yang memiliki hubungan dengan Jepang pada malam harinya.

Kunjungan inti akan dilaksanakan pada Selasa, 20 Juni 2023, dengan upacara peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Museum Nasional.

Pada hari yang sama, Kaisar Naruhito juga akan mengunjungi Universitas Darma Persada dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Industri MM2100 di Bekasi, yang merupakan sekolah yang didirikan di kawasan industri MM2100 yang dikelola oleh perusahaan Jepang.

Kaisar Naruhito juga akan melakukan audiensi dengan perwakilan warga negara Jepang di Indonesia dan Relawan Kerja Sama Luar Negeri JICA pada malam harinya.

Pada Rabu, 21 Juni 2023, Kaisar Naruhito akan tiba di Yogyakarta untuk mengunjungi Balai Teknik Sabo dan Istana Keraton, serta menghadiri jamuan makan yang akan diselenggarakan oleh Sultan Hamengku Buwono X di Istana Keraton Yogyakarta.

Kunjungan terakhir pada 22 Juni 2023, Kaisar Naruhito akan mengunjungi Candi Borobudur sebelum bertolak kembali ke Jakarta pada sore harinya.

Kaisar Naruhito dijadwalkan akan kembali ke Jepang pada 23 Juni 2023.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar