Kunjungi Keraton Jogja, Kaisar Jepang Naruhito Dijamu Nasi Pandan Wangi hingga Es Teler Cake - inews

Kunjungi Keraton Jogja, Kaisar Jepang Naruhito Dijamu Nasi Pandan Wangi hingga Es Teler Cake

yogya.inews.id
June 21, 2023
Sri Sultan HB X dan GKR Hemas menyambut kedatangan Kaisar Jepang Naruhito.
Sri Sultan HB X dan GKR Hemas menyambut kedatangan Kaisar Jepang Naruhito.

YOGYAKARTA, iNews.idKaisar Jepang Naruhito berkunjung ke Keraton Jogja, Rabu (21/6/2023) malam. Naruhito bersama Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menikmati makan malam diiringi dengan musik orkresta dari Keraton.

Sri Sultan HB X menyambut kehadiran Kaisar Naruhito dengan pakaian Jawa lengkap. Sultan mengenakan pakaian yang disebut ageman takwa, dengan kuluk kanigoro dan sinjang (jarik) motif parang barong. Sementara GKR Hemas mengenakan kebaya tangkepan dengan jarik parang barong.

"Dua-duanya parang barong, ornamennya babon angrem,"kata Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Ditya Nanaryo Aji, Rabu malam.

Ditya menyebut untuk pakaian yang dikenakan oleh putri-putri Sultan adalah kebaya tangkeban dengan plisir, nyamping parang, sanggul tekuk ceplok jenthir. Ini adalah pakaian kebesaran untuk puteri-putri raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Ditya mengatakan, untuk gala dinner kali ini pihak Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menyuguhkan masakan tradisional Yogyakarta. Untuk Welcome drink adalah setup jambu. Sementara makanannya rata-rata masakan tradisional. "Ya macam-macam. Rata-rata masakan tradisional," katanya.

Masakan tersebut di antaranya adalah sop ayam galantine. Kemudian maincourse adalah nasi pandan wangi, daging sapi wagyu, empal balado, udang bakar madu, sate ayam jeruk nipis dan untuk dessert adalah es teler cake.

Sembari menikmati makan malam, mereka menyaksikan tarian tradisional Beksan Lawung Ageng Jajar. Mereka juga disuguhi musik orkestra dari Royal Orcestra. Mereka membawakan beberapa lagu yang dibawakan di antaranya Padang Bulan, Pitik Tukung , Yen Ing Tawang, Lelo Ledung, Kupun Kui. Kemudian Kidang Talun, Jenang Gula, Sluku Batok, Sue Ora Jamu, Pitik Walik Jambul dan Jamuran.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Baca Juga

Komentar