Pilihan

Laporan Keuangan Waskita Diduga Dimanipulasi, Erick Thohir Peringatkan Hal Ini By BeritaSatu

 

Laporan Keuangan Waskita Diduga Dimanipulasi, Erick Thohir Peringatkan Hal Ini

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 5, 2023
Erick Thohir.
Erick Thohir.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, tindak pemalsuan laporan keuangan yang diduga dilakukan Waskita apabila terbukti akan ditindak hukum secara keras, sama halnya yang pernah dilakukan emiten maskapai milik negara yakni Garuda.

"Saya bilang bahwa ketika ada manipulasi laporan keuangan seperti Garuda pun, kita tindak secara pidana. Sama halnya kalau ada laporan keuangan yang dipalsukan, tidak hanya di Waskita dan Wika, sudah pasti kita akan melakukan yang namanya tindakan hukum keras," kata Erick Thohir, di Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Erick menegaskan, pihaknya tidak akan pandang bulu soal masalah hukum yang menyinggung kepercayaan publik.

Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) memberikan penjelasan terkait dugaan pelaporan keuangan mereka yang dinilai fiktif.

Direktur Penilaian Perusahaan PT BEI I Gede Nyoman Yetna menyampaikan, BEI sudah memproses dan melakukan hiring untuk meminta penjelasan dari Waskita dan Wika. Hanya saja, dirinya mengaku, belum bisa mengumumkan substansinya sekarang lantaran ada beberapa hal yang statusnya masih dalam proses.

"Itu sudah kita sampaikan dalam bentuk penjelasan tertulis. Nanti kita pastikan akan umumkan dalam bentuk keterbukaan informasi. Jadi, terkait apa yang kita lakukan dan emphasizing substansinya apa yang menjadi pertanyaan kami di bursa, nanti akan ada di tanggapan mereka," ucap Yetna di Gedung BEI, belum lama ini.

Tapi yang jelas, lanjut Yetna, sampai saat ini prosesnya masih terus berjalan. Pasalnya, BEI sudah memperoleh informasi melalui pertemuan langsung dengan jajaran direksi. Di samping itu, BEI juga sudah mengirimkan inquiry kepada kedua perusahaan pelat merah tersebut.

"Jadi, untuk saat ini biarkan mereka mendapatkan kesempatan untuk mengklarifikasi hal ini. Kemudian, tentu bukan perusahaan saja, tapi juga pihak-pihak terkait. Lebih baik tunggu, jangan mengandai-andai dulu," tambah Yetna.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menyoroti laporan keuangan Waskita dan Wika akibat adanya dugaan ketidaksesuaian antara pelaporan dan kondisi di lapangan.

“Artinya, dilaporkan seolah-olah untung bertahun-tahun. Padahal, arus kas tidak pernah positif. Ini memang ada isu di dalam pelaporan keuangan Waskita da Wika dan kita sedang investigasi Waskita,” ucap pria yang dekat disapa Tiko ini.

Perihal pelaporan keuangan fiktif tersebut, Tiko menegaskan, Kementerian BUMN selaku pemegang saham akan memperbaiki good corporate governance (GCG) dan menerbitkan restatement seperti halnya yang pernah dilakukan di Perumnas.

Tiko menambahkan, Kementerian BUMN juga tak segan menempuh jalur hukum bila ditemukan unsur pidananya (fraud) di dalam laporan keuangan yang dirilis Waskita dan Wika.

"Bahkan, akan melakukan penuntutan kepada manajemen Waskita yang lama. Saat ini, Wika belum (diinvestigasi, Red). Tapi, Waskita kita lagi investigasi,” kata Tiko.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek