Petugas DKPP dan PDHI Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban Iduladha di Blitar By BeritaSatu

 

Petugas DKPP dan PDHI Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban Iduladha di Blitar

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Relawan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia
Relawan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia

Blitar, Beritasatu.com - Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Blitar, serta relawan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim 8 menemukan cacing hati saat pemeriksaan daging hewan kurban yang disembelih di Masjid At-Taqwa, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar saat perayaan Idul Adha 2023. Dari temuan itu, PDHI meminta organ hati hewan kurban tersebut diminta untuk dibuang karena tidak layak dikonsumsi.

Dewi Masitoh, dokter hewan Relawan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim 8 mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan post mortem dengan sasaran organ dalam hewan kurban. Dari hasil pemeriksaan, memang ada indikasi organ cacing terdapat parasit cacing.

Pihaknya pun sudah memastikan kondisi organ hati tersebut dengan cara membelahnya. Kendati sudah dibersihkan, ternyata masih banyak cacing di organ hati tersebut. "Hasil pemeriksaan yang pertama sapi, kami temukan organ dalam ada indikasi cacing hati, sehingga tidak layak dikonsumsi. Untuk dagingnya, aman dikonsumsi," katanya kepada wartawan, Rabu (28/6/2023).

BACA JUGA

Dia menganjurkan kepada masyarakat untuk tidak dikonsumi organ hati yang mengandung cacing itu, sebab bisa membahayakan kesehatan.

Selain itu, PDHI juga memeriksa kondisi hewan kurban dan tidak menemukan hewan kurban yang sakit terkena PMK maupun penyakit LSD. "Untuk hasil ante mortem semua hewan kurban sehat," kata dia.

Jumlah hewan kurban yang disembelih di Masjid At-Taqwa, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar tesrsebut ada empat ekor sapi dan tiga ekor kambing.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar