Pilihan

RESMI Kemenkumham Penerimaan CPNS 2023 Lulusan SMA Formasi Sipir, Pendaftaran Sudah Dibuka Tak Benar - Tribun news

 

RESMI Kemenkumham Penerimaan CPNS 2023 Lulusan SMA Formasi Sipir, Pendaftaran Sudah Dibuka Tak Benar

By Aqsa
sultra.tribunnews.com

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, JAKARTA - Informasi penerimaan CPNS 2023 Kemenkumham lulusan SMA untuk formasi Sipir Lapas, pendaftaran sudah terbuka ternyata tidak benar.

Sebelumnya, beredar kabar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 lulusan sekolah menengah atas (SMA) untuk sipir lembaga pemasyarakatan (lapas) sudah dibuka.

Sipir tersebut untuk penempatan di lapas lingkup Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Atas informasi penerimaan CPNS Kemenkumham 2023 lulusan SMA untuk formasi sipir lapas sudah terbuka tersebut, Kemenkumham memberikan penjelasannya.

Terkait informasi pendaftaran CPNS, para calon pelamar juga diimbau memantau laman cpns.kemenkumham.go.id maupun media sosial (medsos) resmi kementerian ini.

Dalam keterangan tertulisnya dikutip TribunnewsSultra.com dari laman kemenkumham.go.id, kementerian ini memastikan belum membuka pendaftaran CPNS tahun 2023.

“Sehingga dapat dipastikan, informasi tentang pendaftaran sipir lapas tahun 2023 untuk lulusan SMA, beserta persyaratannya adalah tidak benar/hoax,” tulis keterangan itu.

Menurut Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (Karo Hukerma) Kemenkumham, Hantor Situmorang, belum ada pengumuman resmi penerimaan CPNS 2023.

Baik untuk tenaga sipir maupun formasi lainnya di lingkup kementerian tersebut.

Dengan demikian, Hantor, mengimbau, masyarakat yang berminat mendaftar CPNS 2023 Kemenkumham bisa memantau laman cpns.kemenkumham.go.id maupun media sosial (medsos) resmi.

“Bagi Sahabat Pengayoman yang ingin menjadi pegawai di Kemenkumham, dapat terus memantau situs cpns.kemenkumham.go.id, dan media sosial resmi Kemenkumham,” jelasnya.

Diapun berharap masyarakat tidak termakan isu terkait penerimaan dan pendaftaran CPNS 2023 di lingkungan Kemenkumham.

“Sekali lagi kami tegaskan, bahwa pengumuman resmi tentang penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham tahun 2023 hanya melalui situs cpns.kemenkumham.go.id, dan akun resmi media sosial,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal atau Sekjen Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi Revianto, menyebut bahwa memang banyak beredar isu ihwal pembukaan pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023.

Namun, Andap menegaskan, pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023 belum dibuka.

“Kemenkumham belum membuka pendaftaran CASN,” ujarnya dikutip TribunnewsSultra.com dari laman Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Terkait kabar yang menyatakan bahwa saat ini Kemenkumham telah membuka pendaftaran CPNS 2023, informasi tersebut dipastikan tidak benar.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada dan tidak tertipu.

“Perlu ditegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar, dan telah diberitahukan melalui akun resmi IG @kemenkumhamri,” katanya.

Dalam unggahan akun Instagram resmi Kemenkumham, @kemenkumhamri, dituliskan bahwa segala informasi terkait penerimaan CPNS 2023 dapat dilihat di kanal resmi Kemenkumham.

Mulai dari media sosial resmi Kemenkumham dan website cpns.kemenkumham.go.id.

Berdasarkan pantauan TribunnewsSultra.com di laman resmi tersebut, belum ada informasi terbaru terkait penerimaan CPNS 2023.

Beranda laman utama cpns.kemenkumham.go.id, masih berisi informasi terkait pengumuman pemanggilan CPNS di lingkungan Kemenkumham untuk tahun anggaran 2022.

“INFO TERBARU: "Pengumuman Pemanggilan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2022 dilihat disini,” tulis pengumuman tersebut.

Meski penerimaan CPNS Kemenkumham 2023 belum resmi dibuka, laman ini memberikan sejumlah informasi penting bagi calon pelamar.

Informasi tersebut di antaranya jenis formasi CPNS yang hampir dibuka setiap tahunnya.

Demikian pula syarat pendaftaran hingga tahapan seleksi yang akan diikuti.

“Selamat Datang di Laman Seleksi Penerimaan CPNS.

Informasi penerimaan CPNS 2023 Kemenkumham lulusan SMA untuk formasi Sipir Lapas, pendaftaran sudah terbuka ternyata tidak benar. Sebelumnya, beredar kabar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil
Informasi penerimaan CPNS 2023 Kemenkumham lulusan SMA untuk formasi Sipir Lapas, pendaftaran sudah terbuka ternyata tidak benar. Sebelumnya, beredar kabar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil

Laman ini digunakan untuk Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia,” tulis pengumuman di halaman utama laman ini.

“Untuk mendapatkan username dan password, langkah yang harus anda lakukan pertama kali adalah melakukan pendaftaran yaitu dengan mengisi formulir pendaftaran pada https://sscasn.bkn.go.id,” lanjutnya.

Berikut informasi pendaftaran CPNS tersebut dikutip TribunnewsSultra.com.

JENIS FORMASI CPNS:

1. Umum;

2. Penyandang Disabilitas;

3. Putra Putri Papua dan Papua Barat;

4. Lulusan Terbaik;

SYARAT PENDAFTARAN:

1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Asli;

2. Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;

3. Pas Foto 4x6;

4. Swafoto (Selfie);

5. Ijasah Asli;

6. Transkip Nilai Asli;

7. Surat Lamaran;

8. Surat Pernyataan;

9. Surat Keterangan Berbadan Sehat;

TAHAPAN SELEKSI

1. Pendaftaran Online di SSCN BKN

2. Seleksi Administrasi

3. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT)

4. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB Abdullah Azwar Anas sudah memberikan bocoran bahwa proses seleksi CPNS akan dibuka pada September 2023 mendatang.

"(Dibuka) September 2023 ini mulai kan kita tetapkan dulu formasinya,” kata Menpan belum lama ini.

Dia menyebut sudah mengusulkan penerimaan CPNS 2023 ke Kementerian Keuangan.

“Sudah kami usulkan ke Kementerian Keuangan. Saya sudah sampaikan ke kementerian dan lembaga juga,” jelas Anas.

Pernyataan Azwar Anas tersebut sekaligus menjawab waktu pembukaan CPNS 2023 yang sebelumnya masih simpang siur. 

Anis juga telah melaporkan adanya seleksi CPNS ini kepada Presiden Joko Widodo.(*)

(TribunnewsSultra.com/Risno Mawandili)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek